Bahannya mudah dicari, begini 4 cara mengobati anosmia

Kamis, 18 November 2021 | 08:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bahannya mudah dicari, begini 4 cara mengobati anosmia

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa Anda pakai sebagai cara mengobati anosmia.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anosmia atau menurunnya fungsi indra penciuman bisa dialami oleh siapa saja. Penyebabnya pun beragam. Cara mengobati anosmia pun perlu segera Anda praktikkan supaya masalah itu tak semain mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Akhir-akhir ini, anosmia lebih sering dikaitkan dengan gejala Covid-19. Namun, ternyata kondisi itu juga bisa terjadi karena masalah kesehatan yang, lho. Mulai dari beberapa jenis obat yang Anda konsumsi, diabetes, sinusitis, gangguan pada sistem pernapasan, dan lain-lain.

Jika dibiarkan, anosmia bisa memicu depresi karena Anda menjadi kesulitan untuk mencium aroma beberapa hal. Agar risiko tersebut bisa Anda hindari, cobalah untuk mengembalikan fungsi indra penciuman dengan beberapa jenis bahan alami berikut ini.

Lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami yang cukup sering dimanfaatkan sebagai obat anosmia. Mengutip dari Home Remedies & Natural Treatments (homenaturalcures.com), manfaat lemon itu berasal dari banyaknya antioksidan yang tersimpan di dalamnya.

Pertama, Anda perlu mencampur air perasan lemon dan sedikit madu dalam segelas air hangat. Minum air campuran itu sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari. Seiring berjalannya waktu, hidung tersumbat sembuh sehingga kemampuan indra penciuman Anda pun kembali.

Baca Juga: Pakai jahe, begini cara mengatasi anosmia untuk Anda

Ketumbar

Ketumbar berguna sebagai cara mengobati anosmia.

Cara mengobati anosmia yang lain adalah memakai ketumbar. Meski jenis rempah itu cukup mudah untuk Anda temukan, bukan berarti Anda bisa bebas memakainya, ya. Tetap bicarakan dulu dengan dokter supaya tak ada efek samping ketumbar yang Anda alami.

Bawang Putih

Home Remedies & Natural Treatments menyebutkan bahwa anosmia dapat diobati menggunakan bawang putih. Selain mengandung antibakteri, bawang putih juga dipenuhi dengan antivirus yang mana efektif melawan infeksi penyakit penyebab hidung tersumbat dan anosmia.

Cara mengobati anosmia menggunakan bawang putah bisa Anda lakukan dengan mudah. Pertama, tumbuk 4 bawang putih lalu tambahkan ke segelas air panas. Anda bisa menambahkan sedikit garam dalam air tersebut lalu minumlah secara teratur sampai anosmia sembuh.

Baca Juga: Cara menjaga kesehatan pasca sembuh dari Covid-19

Cuka Apel

Salah satu cara mengobati anosmia adalah memakai cuka apel.

Obat anosmia dari bahan alami berikutnya adalah cuka apel. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memilih cuka apel karena kandungan asamnya yang cukup tinggi. Supaya efek samping tak muncul, jangan lupa untuk mengonsultasikannya dulu dengan dokter.

Selanjutnya: Cara mengembalikan indra penciuman ini patut Anda coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru