Bagi penderita sakit jantung, hindari 5 makanan ini

Selasa, 31 Agustus 2021 | 14:39 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bagi penderita sakit jantung, hindari 5 makanan ini


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat Anda sakit jantung. Salah satunya adalah menghindari beberapa jenis makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Dengan melakukan hal itu, diharap kesehatan jantung tetap terjaga.

Jenis makanan pertama yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan yang mengandung banyak gula, lemak, dan garam. Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa jenis-jenis makanan itu mampu meningkatkan risiko stroke dan jenis penyakit jantung yang lain.

Tidak hanya itu, masih banyak jenis makanan dan minuman lain yang sebaiknya tak Anda konsumsi dalam jumlah banyak. Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Dengan begitu, kondisi kesehatan bisa selalu terpantau.

Daging Merah

Daging merah termasuk salah satu makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Apalagi jika Anda juga menderita penyakit diabetes. Beberapa jenis daging merah yang dimaksud adalah daging sapi, daging domba, dan daging babi.

Bukan tanpa alasan, jenis makanan itu memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga tak baik untuk kondisi jantung. Seiring berjalannya waktu, hal itu dapat mengakibatkan bertambahnya jumlah kolesterol yang berpengaruh pada tekanan serta aliran darah dalam tubuh.

Baca Juga: Catat baik-baik, ya! Ini 5 pantangan diabetes yang perlu Anda hindari

Pizza

Jika Anda menderita penyakit jantung, usahakan untuk membatasi konsumsi pizza, ya. Jenis makanan itu mengandung banyak natrium, lemak, dan kalori yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Apabila Anda memang ingin mengonsumsi pizza, cobalah untuk tidak menambah bahan lain yang mengandung banyak garam.

Yogurt

Yogurt yang mengandung banyak lemak gula termasuk salah satu makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Alasannya karena jenis yogurt itu bisa menambah berat badan, membuat tekanan darah tinggi, dan memicu inflamasi sehingga penyakit jantung pun tak dapat Anda hindari.

Baca Juga: Waspadai 5 pantangan tekanan darah tinggi ini, yuk

Es Krim

Web MD merekomendasikan Anda untuk tidak mengonsumsi es krim terlalu banyak supaya kesehatan jantung terjaga. Jenis makanan itu mengandung banyak gula, lemak jenuh, dan gula yang buruk untuk kesehatan secara keseluruhan.

Kentang Goreng

Salah satu makanan yang dilarang untuk penyakit jantung adalah kentang goreng.

Supaya risiko penyakit jantung bisa berkurang, tak ada salahnya untuk membatasi konsumsi kentang goreng. Kentang sebenarnya salah satu bahan alami yang memiliki banyak nutrisi. Namun, cara pengolahan membuat kentang goreng berbahaya untuk kesehatan.

Selanjutnya: 6 Makanan yang mengandung karbohidrat, tapi tetap sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru