6 Makanan yang mengandung karbohidrat, tapi tetap sehat

Senin, 23 Agustus 2021 | 12:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan yang mengandung karbohidrat, tapi tetap sehat

ILUSTRASI. Pisang termasuk salah satu makanan yang mengandung karbohidrat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang menghindari makanan yang mengandung karbohidrat karena dianggap memicu obesitas dan masalah kesehatan yang lain. Sayangnya, Anda tidak bisa benar-benar menghindari karbohidrat. 

Memilih makanan yang tepat bisa Anda lakukan supaya kebutuhan tubuh akan nutrisi itu tetap terjaga. Anda tidak perlu khawatir karena segudang jenis makanan bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari quinoa, oatmeal, dan lain-lain.

Sebelum rutin mengonsumsi jenis makanan berikut ini, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter. Khususnya bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Dengan begitu, asupan karbohidrat yang benar bisa Anda dapat.

Pisang

Healthline (healhtline.com) merekomendasikan pisang sebagai salah satu sumber karbohidrat. Tak hanya kaya krbohidrat, masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam pisang. Mulai dari kalium, vitamin C, vitamin B6, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Makanan pantangan asam urat yang perlu Anda kenali

Jeruk

Tahukah Anda bahwa jeruk termasuk salah satu makanan yang mengandung karbohidrat? Terdapat 11.8% karbohidrat dalam sebuah jeruk. Jenis buah itu juga memiliki banyak serat dan vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Apel

Supaya kebutuhan tubuh akan karbohidrat terpenuhi, cobalah untuk rutin mengonsumsi apel. Mengutip dari Healthline, rata-rata satu buah apel mengandung karbohidrat sebesar 13-15%. Sama seperti jeruk, apel kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan.

Kacang Merah

Kacang merah termasuk dalam daftar makanan yang mengandung karbohidrat. 22.8% karbohidrat yang terkandung dalam kacang merah berbentuk zat tepung dan serat. Dengan mengonsumsi jenis kacang itu, kebutuhan tubuh akan protein juga bisa terpenuhi.

Tak hanya kaya nutrisi, kacang merah juga efektif mencegah risiko beberapa jenis penyakit, lo. Jenis penyakit yang dimaksud adalah penyakit gula darah tinggi atau diabetes dan kanker usus. Untuk menghindari efek samping, hindari mengonsumsi kacang merah dalam kondisi mentah, ya.

Baca Juga: Ini 5 pantangan tekanan darah tinggi, tak hanya garam

Oatmeal

Oatmeal dan bluberi bisa jadi salah satu pilihan makanan yang mengandung karbohidrat.

Kebutuhan karbohdirat bisa Anda penuhi dengan makan oatmeal secara teratur. 11% dari 66% karbohidrat yang terdapat dalam oatmeal berbentuk serat sehingga baik untuk kesehatan tubuh Anda. 

Menurut sebuah penelitian, rutin makan oatmeal mampu menurunkan tekanan darah sehingga risiko penyakit jantung pun berkurang. Cobalah untuk mengolah oatmeal dengan makanan bergizi yang lain, misalnya bluberi, pisang, dan lain-lain.

Bluberi

Selain mengandung banyak air, bluberi memiliki karbohidrat sebesar 14.5%. Tidak berhenti sampai di situ, mangan, vitamin K, vitamin C, dan nutrisi lain dalam bluberi efektif mencegah kerusakan oksidatif yang membahayakan kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Segar! Ini 4 infused water yang berkhasiat menurunkan asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru