kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,20   3,85   0.41%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bagi Penderita Asam Lambung, Ini 5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari


Selasa, 28 Maret 2023 / 03:00 WIB
Bagi Penderita Asam Lambung, Ini 5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Penyakit asam lambung sangat mengganggu. Asam lambung adalah kondisi mulas atau sensasi rasa panas di dada yang diakibatkan oleh kandungan asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan. 

Dalam kondisi yang parah atau menderita asam lambung kronis, dapat menyebabkan gastroesophageal reflux disease atau GERD. 

Dilansir dari Healthline, kondisi asam lambung terjadi jika sfingter esofagus bagian bawah (LES) menjadi lemah dan mengendur secara tidak teratur. 

Saat Anda menelan makanan atau minuman, LES berfungsi mengencang dan mencegah kandungan asam lambung yang berusaha naik ke kerongkongan. Jika LES melemah, akan menyebabkan asam lambung dapat kembali naik ke kerongkongan. 

Kondisi inilah yang menyebabkan penyakit asam lambung atau mulas yang terkadang disertai heartburn atau sensasi terbakar di tengah dada. 

Kondisi asam lambung naik biasanya akan lebih mudah terjadi ketika tidur, terutama jika Anda tidur tepat setelah makan. Sebab, ketika tidur tidak ada gravitasi yang dapat membantu menjaga asam lambung tetap berada di perut. Berbeda ketika Anda berdiri atau duduk tegak setelah makan. 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Obat Asam Lambung Alami yang Aman Dikonsumsi Saat Puasa

Lantas, bagaimana agar penderita asam lambung bisa tidur dengan nyaman? 

Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa tips untuk meredakan asam lambung dan tidur lebih nyenyak di malam hari. 

1. Makan lebih awal 

Tidak hanya memperhatikan apa yang Anda konsumsi, penting juga untuk memerhatikan waktu makan. Faktor ini dapat berkontribusi pada kondisi asam lambung naik dan mulas. 

Agar kualitas tidur Anda tidak terganggu di malam hari, cobalah untuk makan atau ngemil lebih awal. Selesaikan makan paling tidak tiga jam sebelum tidur. 

Baca Juga: 10 Hal yang Terlarang Dilakukan Agar Asam Lambung Tidak Kumat




TERBARU

[X]
×