Asam Urat Kambuh Bikin Lutut Meradang, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jumat, 16 September 2022 | 10:10 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Asam Urat Kambuh Bikin Lutut Meradang, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya


KONTAN.CO.ID - Asam urat lutut menyebabkan peradangan di dalam dan sekitar sendi lutut. Hal ini juga dapat menyebabkan peradangan di bursa prepatellar di depan tempurung lutut. Bursa adalah kantung tipis, licin, berisi cairan di dalam tubuh yang berfungsi sebagai bantalan antara jaringan lunak dan tulang.

Melansir Medical News Today, ciri-ciri asam urat menyerang bagian lutut antara lain:

  • bengkak di lutut dan sekitarnya
  • rasa sakit yang sering tiba-tiba dan parah dan membatasi penggunaan lutut
  • perubahan warna kulit atau kulit mengkilat di sekitar lutut
  • sensasi hangat di dalam atau di sekitar lutut
  • kelembutan sejauh sendi tidak dapat menahan sentuhan, berat, atau tekanan
  • gatal, mengelupas, kulit mengelupas saat peradangan berkurang
  • Gejala asam urat cenderung datang dan pergi, memburuk selama kambuh, yang biasanya berlangsung 3-10 hari.

Setelah serangan asam urat pertama, mungkin perlu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum seseorang mengalami yang lain. Namun, tanpa pengobatan pencegahan, banyak orang mengalami serangan lagi dalam waktu 2 tahun.

Seiring waktu, serangan asam urat dapat mempengaruhi lebih dari satu sendi pada satu waktu dan menjadi lebih parah dan sering.

Asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam aliran darah menjadi terlalu tinggi.

Baca Juga: 3 Ramuan Herbal Penurun Asam Urat Tinggi yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Jika kadar asam urat terlalu tinggi untuk waktu yang lama, massa yang disebut tofi dapat terbentuk di persendian atau jaringan lunak di sekitarnya. Tophi berwarna putih, endapan kapur yang membuat benjolan kulit terlihat.

Dalam kebanyakan kasus, pengobatan yang tepat dapat mencegah asam urat menjadi kronis.

Biasanya diperlukan beberapa tahun untuk asam urat kronis berkembang. Kondisi ini dapat menyebabkan deformitas, nyeri terus menerus, dan kerusakan sendi atau jaringan lunak yang permanen.

Penyebab asam urat di lutut

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan asam urat.

Tubuh memproduksi sekitar 66% asam urat secara alami. Asam urat juga terbentuk ketika tubuh memproses purin, yang merupakan senyawa organik yang ditemukan di beberapa makanan kaya protein.

Ginjal biasanya membantu mengontrol kadar asam urat dengan menyaringnya keluar dari darah.

Asam urat bertindak sebagai antioksidan kuat yang bermanfaat bagi tubuh pada tingkat yang sehat. Namun, ketika ada terlalu banyak dalam aliran darah, itu dapat menyebabkan hiperurisemia.

Baca Juga: 4 Pengobatan Rumahan yang Efektif Meredakan Nyeri Lutut

Ini dapat terjadi jika ginjal tidak menyaring asam urat dengan benar atau jika tubuh memproduksi terlalu banyak.

Ketika seseorang mengalami hiperurisemia, kelebihan asam urat dapat meninggalkan aliran darah dan membentuk kristal asam urat mikroskopis di jaringan lunak atau persendian. Kristal ini dapat terbentuk di sekitar atau di persendian karena suhu di area ini cenderung lebih rendah.

Sistem kekebalan mengenali kristal asam urat sebagai partikel asing, menyebabkan peradangan yang terlihat dan terasa mirip dengan infeksi.

Namun, tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi mengalami asam urat. Sekitar 66% penderita hiperurisemia tidak mengalami kondisi tersebut.

Cara pengobatan asam urat yang menyerang lutut di rumah

Mengutip Healthline, salah satu cara paling efektif untuk mengatasi asam urat adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman yang kaya purin. Ingat, tubuh Anda memproduksi asam urat saat memecah purin.

Itu berarti penderita asam urat harus mengurangi konsumsi:

  • daging merah
  • daging organ, seperti hati
  • makanan laut, terutama tuna, kerang, sarden, dan trout
  • alkohol
  • minuman manis

Baca Juga: Selain Teh Jahe, Ini Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Lambung Tak Meradang

Mengurangi beberapa makanan ini juga dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Ini bisa menjadi bonus tambahan karena membawa berat badan ekstra merupakan faktor risiko asam urat.

Cobalah menukar makanan kaya purin dengan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Pelajari lebih lanjut tentang apa yang harus dimakan dan apa yang harus dihindari ketika Anda menderita asam urat.

Ada beberapa perawatan rumahan lain yang dapat Anda coba, tetapi ini belum dipelajari secara memadai untuk mengetahui apakah itu efektif atau tidak. Namun, mereka mungkin menawarkan sedikit kelegaan. Inilah caranya.

Serangan asam urat dapat berlangsung selama beberapa jam setiap kali, tetapi Anda mungkin merasakan sakit di lutut selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Beberapa orang hanya mengalami satu gejolak dalam hidup mereka, sementara yang lain mengalaminya beberapa kali dalam setahun.

Perlu diingat bahwa asam urat adalah kondisi kronis, artinya berlangsung lama dan membutuhkan penanganan berkelanjutan. Perubahan pola makan dan obat-obatan dapat membuat perbedaan besar, tetapi Anda juga berisiko mengalami gejolak.

Ingatlah bahwa perlu beberapa waktu untuk menemukan kombinasi yang tepat dari perubahan pola makan dan obat-obatan yang cocok untuk Anda. Jangan berkecil hati jika segala sesuatunya tampaknya tidak segera membaik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru