kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.345.000 -0,88%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Lambung Naik: Penyebab, Ciri-ciri, Cara Mengatasi, dan Obat Alami


Rabu, 30 Agustus 2023 / 12:23 WIB
Asam Lambung Naik: Penyebab, Ciri-ciri, Cara Mengatasi, dan Obat Alami
ILUSTRASI. Asam lambung naik adalah kondisi membuat asam lambung yang sudah berada di perut kembali naik ke kerongkongan.


Penulis: Virdita Ratriani

Asam Lambung Naik- Ciri-ciri asam lambung naik adalah kondisi yang perlu diwaspadai. Asam lambung naik adalah kondisi yang membuat asam lambung yang sudah berada di perut kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan sejumlah gejala yang terasa tidak nyaman.  

Ciri-ciri asam lambung naik salah satunya adalah heartburn atau rasa terbakar di ulu hati. Untuk itu, perlu diketahui cara mengatasi dan obat alami asam lambung naik. 

Asam lambung naik juga bisa menyebabkan mulut terasa asam atau pahit, kembung, kotoran mengandung darah, sensasi makanan tersangkut di tenggorokan (disfagia), hingga gangguan pernapasan.

Lantas, apa saja ciri-ciri asam lambung naik dan bagaimana cara mengatasinya? 

Baca Juga: Batu Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Batu Ginjal

Penyebab asam lambung naik 

Dikutip dari Medical News Today dan Healthline, penyebab asam lambung naik yang umum di antaranya: 

  • Makan terlalu banyak
  • Langsung berbaring setelah makan
  • Setelah makan makanan tertentu seperti makanan pedas maupun berlemak
  • Makan terlalu dekat dengan waktu tidur
  • Minum teh, kopi, soda, alkohol
  • Merokok
  • Hamil
  • Efek samping obat-obatan

Baca Juga: 3 Jus Buah yang Bisa Rontokkan Kadar Kolesterol dalam Darah, Cek Juga Gejalanya

Ciri-ciri asam lambung naik 

Ciri ciri asam lambung naik

Sementara itu, ciri-ciri asam lambung naik bisa dikenali dengan sejumlah kondisi. Meski demikian, gejala asam lambung naik bisa berbeda-beda pada setiap orang. 

Dirangkum dari laman Healthline, ciri-ciri asam lambung naik adalah sebagai berikut:

1. Heartburn 

Ciri-ciri asam lambung naik yang paling umum adalah heartburn atau sensasi panas di dada. Asam lambung yang naik ke kerongkongan memang akan menimbulkan sensasi terbakar di dada. 

2. Rasa asam di mulut

Selanjutnya, ciri-ciri asam lambung naik adalah terdapat rasa asam di mulut. Selain itu, kemungkinan juga akan ada sensasi terbakar di tenggorokan. 

Baca Juga: 7 Obat Herbal Asam Urat Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

3. Regurgitasi

Ingin muntah atau regurgitasi juga menjadi salah satu ciri-ciri asam lambung naik. Regurgitasi adalah sensasi saat cairan dan isi lambung bergerak ke atas atau seperti ingin muntah. 

Dalam beberapa kasus, regurgitasi bisa berujung muntah.  

4. Sulit menelan

Ciri-ciri asam lambung naik adalah sulit menelan atau disfagia. Beberapa kondisi lain yang menyebabkan disfagia adalah penyakit Parkinson, kanker, multiple sclerosis, dan stroke. 

5. Sakit tenggorokan

Salah satu ciri-ciri asam lambung naik adalah rasa sakit tenggorokan. Selain rasa sakit tenggorokan juga ada beberapa gejala asam lambung naik lainnya yakni suara serak dan benjolan di tenggorokan. 

Baca Juga: 9 Cara Alami untuk Redakan Serangan Darah Tinggi, Tanpa Obat

6. Dispepsia atau rasa tidak nyaman di perut

Dispepsia adalah rasa tidak nyaman di perut yang juga dikenal sebagai gangguan pencernaan dan menimbulkan mual. Sebagai gejala asam lambung naik ciri-cirinya dispepsia adalah merasa kembung, mual, sakit perut, dan sering bersendawa. 

7. Sesak nafas

Asam lambung naik juga dapat menimbulkan sesak nafas atau memperburuk gejala asma baik pada anak dan orang dewasa. 

8. Batuk kering

Terakhir, ciri-ciri asam lambung naik adalah batuk kering. Pada orang dewasa, batuk biasanya disertai dengan timbulnya benjolan di tenggorokan. 

Baca Juga: 5 Vitamin Terbaik untuk Merontokkan Gout, Info Penting Bagi Penderita Asam Urat

Cara mengatasi asam lambung naik

Apa pun penyebabnya, penyakit asam lambung naik bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Berikut beberapa cara pertolongan pertama saat penyakit asam lambung naik: 

1. Longgarkan pakaian 

Cara pertama mengatasi asam lambung naik adalah melonggarkan pakaian. Melansir Healthline, tekanan pada perut dapat memicu naiknya asam lambung. 

Untuk itu, pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu menghilangkan segala tekanan pada perut.

Saat penyakit asam lambung naik, segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju, atau apa pun yang membuat penderita makin merasa sesak. 

Baca Juga: 9 Minuman untuk Redakan Gejala Asam Lambung

2. Berdiri tegak 

Cara mengatasi asam lambung naik adalah berdiri tegak, jangan duduk atau tiduran. Posisi tubuh tertentu terkadang bisa memicu asam lambung naik.

Posisi yang tidak pas atau kurang nyaman dapat memberikan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Bagian tubuh ini berupa otot berbentuk cincin yang mengontrol asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. 

Pertolongan pertama saat asam lambung naik juga perlu melibatkan perubahan posisi tubuh yang lebih tegak untuk mengurangi tekanan pada sfingter esofagus. 

Jika saat asam lambung kambuh penderita sedang berbaring, coba posisi duduk atau berdiri. Apabila posisi penderita saat asam lambung kumat sudah berdiri, coba tegakkan postur tubuh untuk berdiri lebih tegak. 

3. Mengunyah permen karet 

Cara ketiga mengatasi asam lambung naik adalah mengunyah permen karet. Penelitian pada 2014 membuktikan, mengunyah permen karet dapat membantu mengatasi asam lambung naik. 

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan menelan. Cara alami ini dapat meredakan gejala asam lambung naik dengan jalan mengencerkan dan membersihkan asam lambung dari kerongkongan. 

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Asam Lambung yang Naik ke Dada, Jangan Buru-Buru Minum Obat

4. Minum obat asam lambung 

Cara keempat mengatasi asam lambung naik adalah minum obat asam lambung. Pertolongan pertama saat asam lambung naik juga perlu memberikan obat yang tepat bagi penderita. 

Terdapat beberapa jenis obat asam lambung yang tersedia di pasangan, yakni: 

  • Antasida 
  • H2 blocker 
  • Penghambat pompa proton (PPI) 
  • Obat jenis PPI dan H2 blocker dapat mengurangi produksi asam yang dikeluarkan lambung, sehingga membantu mengatasi asam lambung naik. 

Sedangkan obat jenis antasida berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Beberapa obat dapat berinteraksi dengan obat lainnya. Penyakit asam lambung naik umumnya bisa sembuh selang beberapa jam setelah penderita diberi beberapa pertolongan pertama di atas. 

Anda perlu waspada apabila gejala rasa tidak nyaman di dada disertai keluarnya keringat dingin dan sesak napas. Kondisi tersebut bisa jadi tanda penyakit jantung.

Baca Juga: Daftar Obat Sakit Gigi Pereda Nyeri, Bisa Dicoba Sebelum ke Dokter

Obat alami asam lambung

Nah, berikut ini beberapa obat alami asam lambung sebagaimana dilansir dari laman Medical News Today:

1. Berhenti merokok

Obat asam alami asam lambung yaitu tidak merokok. Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa asap, bahkan asap rokok, dapat meningkatkan resiko asam lambung.

Sfingter esofagus bagian bawah (LES) adalah katup antara kerongkongan dan perut. LES menghentikan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.

Menurut beberapa penelitian, merokok mengurangi tekanan pada LES, memungkinkan terjadi asam lambung. Berhenti merokok akan menormalkan tekanan ini, mengurangi kemungkinan asam lambung.

Baca Juga: 6 Gejala GERD yang Tak Boleh Diabaikan

2. Menghindari zat pemicu

Obat alami asam lambung kedua yaitu jaga pola makan. Cara mengobati asam lambung dengan cepat dan alami yang bisa Anda coba adalah tidak mengonsumsi zat-zat pemicu asam lambung naik. 

Makanan dan minuman tertentu dapat memicu asam lambung. Sebab, dapat meningkatkan produksi asam lambung atau mengurangi kemampuan LES untuk menghentikan aliran asam ke kerongkongan.

Menghilangkan makanan pemicu asam lambung ini dapat membantu mengurangi frekuensi atau keparahan gejala refluks asam mereka.

Zat pemicu asam lambung meliputi:

  • Kopi
  • Alkohol
  • Daun mint
  • Tomat
  • Makanan berlemak
  • Makanan pedas

3. Teknik pernapasan

Obat asam lambung alami yang juga bisa Anda coba yakni mengatur pernapasan. Rasa cemas dapat memperburuk gejala asam lambung. 

Sehingga, penderita asam lambung sebaiknya mengatur pernafasan untuk mengurangi rasa cemas. Caranya, tariklah napas dalam-dalam dan tenangkan diri saat asam lambung naik. 

Meski tetap tenang tidak akan menghentikan asam lambung, namun hal ini bisa membantu seseorang menghindari gejala yang lebih parah.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

4. Jahe 

Salah satu obat alami asam lambung dari tumbuhan adalah jahe. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengatasi mual, muntah, dan gejala lainnya. 

Namun, meski bisa jadi obat alami asam lambung, jangan mengonsumsi jahe terlalu banyak. Berikut beberapa alternatif konsumsi jahe sebagai obat asam lambung alami:

  • Menambahkan jahe ke air panas untuk membuat teh jahe
  • Menambahkan jahe ke dalam tumisan
  • Merebus jahe dalam sup
  • Parut dan campur jahe ke salad atau sereal
  • Orang yang tidak menyukai rasa jahe dapat menutupinya dengan memasukkan jahe ke dalam makanan yang memiliki rasa kuat.

5. Mempertahankan berat badan ideal 

Makan makanan yang seimbang adalah untuk membantu mengatur berat badan ideal. Menjaga berat badan tetap seimbang adalah salah satu obat alami asam lambung. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara obesitas dan peningkatan risiko terkena asam lambung. Alasannya adalah kelebihan lemak di sekitar area perut memberi tekanan pada perut, membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menahan asam.

6. Mengunyah permen karet setelah makan

Mengunyah permen karet setelah makan juga menjadi salah satu obat alami asam lambung. Mengunyah juga meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu melemahkan asam lambung. Itulah alasan permen karet cocok untuk dijadikan obat asam lambung alami. 

Orang dengan asam lambung juga harus menghindari permen karet rasa mint karena ini juga dapat memperburuk gejala. 

Baca Juga: Anti Kolesterol, Ini 5 Bahan Makanan Pengganti Santan untuk Menurunkan Kolesterol

7. Mencoba teh herbal

Obat alami asam lambung yakni minum teh. Beberapa minuman, termasuk kopi dan alkohol, dapat meningkatkan gejala asam lambung. 

Namun, teh herbal tanpa kafein dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya asam lambung. Teh herbal juga dapat membantu memperbaiki pencernaan dan meredakan gejala seperti pusing atau mual.

Teh herbal yang populer dipakai sebagai obat alami asam lambung meliputi:

  • Teh kamomil
  • Teh licorice
  • Teh hijau
  • Teh adas
  • Teh buah

Namun, penderita asam lambung sebaiknya menghindari teh mint karena dapat memicu asam lambung.

8. Konsumsi makanan berserat tinggi

Serat adalah bagian penting dari diet seimbang. Serat dapat membantu seseorang merasa kenyang, memperlancar pencernaan, dan meredakan gejala asam lambung.

Beberapa makanan berserat yang cocok untuk alternatif obat alami asam lambung meliputi:

  • Sereal gandum
  • Bubur oat
  • Beras merah
  • Kulit kentang misalnya, pada kentang panggang
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan
  • Brokoli

Demikian penjelasan mengenai asam lambung naik, cara mengatasi asam lambung naik, ciri-ciri asam lambung naik, dan penyebab asam lambung naik.  

Selanjutnya: Agung Podomoro Land (APLN) Luncurkan Kawasan Hunian Parkland Podomoro Karawang

Menarik Dibaca: Agar Data Tak Bocor, Berikut 5 Rekomendasi Palo Alto Networks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×