kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Minuman untuk Redakan Gejala Asam Lambung


Rabu, 30 Agustus 2023 / 03:40 WIB
9 Minuman untuk Redakan Gejala Asam Lambung


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Seseorang yang mengalami refluks asam, atau asam lambung, kerap merasakan sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan dan dada. 

Mengutip The Quint, jika Anda ingin menghilangkan gejala tanpa usaha atau diet khusus, Anda harus mulai minum lebih banyak air dan mengunyah makanan secara perlahan. 

Beberapa dokter juga merekomendasikan makan makanan kecil secara berkala untuk mencegah refluks asam.

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan atau pipa makanan seseorang. Adalah umum bagi orang untuk mengalami refluks asam sebentar-sebentar.

Namun, orang yang secara konsisten mengalami refluks asam mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Beberapa faktor dapat berkontribusi terhadap asam lambung seperti waktu makan, postur setelah makan, konsumsi alkohol, merokok, konsumsi minuman berkafein dan penggunaan rempah-rempah yang berlebihan dalam makanan. 

Baca Juga: Aturan Konsumsi Ketumbar agar Efektif Menurunkan Asam Lambung

Oleh karenanya, diet memainkan peran penting dalam mencegah kumatnya asam lambung dan komplikasinya. 

Melansir NDTV, Sweedal Trinidade, ahli gizi senior di P.D. Rumah sakit Hinduja menyarankan beberapa minuman terbaik yang dapat bekerja sebagai obat yang efektif untuk asam lambung. Apa saja?

1. Air kelapa

Asam lambung menyebabkan tenggorokan Anda seperti terbakar. Dalam situasi seperti itu Anda mencari minuman dingin yang menenangkan. 

Minum air kelapa menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, inilah cara kerjanya. Kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti natrium, kalium dan magnesium. 

Ini adalah minuman yang sempurna untuk rehidrasi yang meninggalkan efek pendinginan. Kandungan kalium air kelapa (7mEq dalam 100ml) cukup baik untuk menyeimbangkan pH lambung.

2. Jus sayuran

Sayuran berada dalam kisaran pH basa tetapi bila digabungkan dengan kandungan air yang tinggi dapat mengurangi kemungkinan kambuhnya asam lambung. Beberapa pilihan terbaik adalah jus lemon dengan mint dan labu botol.




TERBARU

[X]
×