Daftar obat sakit gigi pereda nyeri, sebelum ke dokter

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 06:56 WIB Sumber: Kompas.com
Daftar obat sakit gigi pereda nyeri, sebelum ke dokter

ILUSTRASI. Daftar obat sakit gigi pereda nyeri, sebelum ke dokter.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat sakit gigi bisa dibeli di apotik atau toko obat. Namun, ada bermacam-macam obat sakit gigi tersedia.

Lalu, apa saja obat sakit gigi yang ampuh mengatasi rasa nyeri?

Namun, sebelum mengenali obat sakit gigi yang efektif mengatasi rasa nyeri, mari kita pahami terlebih dahulu tentang gigi manusia. 

Baca Juga: Posisi Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di India tak tergoyahkan

Gigi manusia terdiri dari tiga lapisan, yaitu enamel, dentin, dan pulpa.

Enamel adalah bagian terluar gigi yang sangat keras, bahkan lebih keras dari tulang. Lapisan di bawahnya adalah dentin, yang memiliki jaringan lebih lunak daripada enamel.

Lapisan selanjutnya dan yang paling bawah adalah pulpa. Pulpa adalah jaringan lunak di dalam gigi yang berisi pembuluh darah serta saraf. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh gigi berlubang yang menyebabkan tereksposnya lapisan dentin dan pulpa.

Sakit gigi akibat gigi berlubang perlu mendapatkan penanganan dokter.

Akan tetapi, ada beberapa obat sakit gigi yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri secara sementara.

Berikut ini 4 obat sakit gigi yang ampuh redakan nyeri:

1. Parasetamol

Obat sakit gigi pereda nyeri yang pertama adalah parasetamol. Selain mudah didapatkan, baik di apotek maupun minimarket terdekat, obat sakit gigi yang bersifat analgesik ini juga ringan dan hampir tidak memiliki efek samping.

Minum parasetamol sebagai obat sait gigi dengan dosis 500 miligram (mg) setiap 6 jam sekali untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang akibat gigi berlubang.

Baca juga: Inilah dosis dan cara menggunakan paracetamol

 

2. Asam mefenamat

Obat sakit gigi pereda nyeri selanjutnya adalah asam mefenamat. Asam mefenamat dengan dosis 500mg sebagai obat sakit gigi diminum tiga kali sehari untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang.

Akan tetapi, asam mefenamat untuk obat sakit gigi perlu diwaspadai atau bahkan dihindari oleh pasien penyakit lambung.

Meski bisa jadi obat sakit gigi, asam mefenamat  bisa menyebabkan nyeri atau perih pada lambung.

Efek samping obat sakit gigi yang ini bisa ditekan dengan mengonsumsi makanan padat terlebih dahulu sebelum mengonsumsi asam mefenamat.

 

3. Sodium diklofenak

Obat sakit gigi ketiga adalah Sodium diklofenak. Sodium diklofenak atau yang dikenal juga dengan sebutan natrium diklofenak adalah obat sakit gigi yang memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi.

Sodium diklofenak sering digunakan sebagai obat sakit gigi akibat infeksi gigi dan membantu pemulihan pasca operasi gigi.

Selain bisa meredakan sakit gigi dengan intensitas sedang hingga berat, sodium diklofenak sebagai obat sakit gigi juga lebih efektif dalam menyembuhkan peradangan.

Obat sakit gigi ini harus dikonsumsi setelah makan dengan dosis 25-50mg sebanyak dua kali sehari. Akan tetapi, sodium diklofenak juga memiliki efek samping yang bisa menyebabkan sakit dan perih pada lambung.

Baca Juga: Syarat pelaku usaha mikro mendapat pembebasan PPh Final

 

4. Dexamethasone

Obat sakit gigi keempat adalah dexamethasone. Dexamethasone adalah obat steroid untuk meredakan peradangan. Obat sakit gigi ini biasanya dikonsumsi bersama obat lain seperti parasetamol. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efek antiinflamasi yang dikandung parasetamol.

Akan tetapi, obat sakit gigi ini mengandung steroid sehingga tidak baik dikonsumsi dalam waktu panjang. Konsultasi ke dokter gigi sebelum mengonsumsi obat Dexamethasone.

 

Hanya obat sakit gigi sementara

Saat sakit gigi, segera pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Obat-obatan yang telah disebutkan hanya meredakan nyeri untuk sementara, namun tidak mengatasi penyebab sakit gigi.

Namun, jangan langsung ke dokter gigi setelah minum obat pereda nyeri di atas. Pergilan ke dokter gigi setelah rasa nyeri tersebut hilang.

Itulah macam-macam obat sakit gigi yang ampuh meredakan nyeri. Jaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi secara teratur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Obat Sakit Gigi Paling Efektif untuk Meredakan Nyeri",


Penulis : Muhamad Syahrial
Editor : Muhamad Syahrial

Selanjutnya: 5 Cara menghilangkan sakit gigi yang layak Anda coba

 

Editor: Hasbi Maulana
Terbaru