kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,63   6,99   0.75%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Durian Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Kamis, 02 November 2023 / 07:12 WIB
Apakah Durian Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
ILUSTRASI. Apakah Durian Menyebabkan Darah Tinggi? Ini Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - JAKARTA. Apakah durian menyebabkan darah tinggi? Jika mengalami hipertensi, berikut tips menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang perlu Anda lakukan.

Musim durian tiba. Kini banyak pedagang menjajakan durian. Namun, dibalik rasanya yang lezat, sejumlah orang terkadang khawatir saat konsumsi durian. Pasalnya, ada anggapan bahwa durian menyebabkan darah tinggi.

Lalu, durian menyebabkan darah tinggi apakah hanya mitos atau terbukti secara medis?

Dilansir dari Grid.id, National Nutrition Council Philippines menyebutkan anggapan durian menyebabkan darah tinggi berasal dari anggapan durian tergolong buah yang “panas”, sehingga bisa meningkatkan suhu tubuh dan tekanan darah.

Namun, anggapan durian menyebabkan darah tinggi hanyalah mitos yang tidak ada kebenarannya. Mitos durian menyebabkan darah tinggi tersebut telah dipatahkan melalui penelitian dan penjelasan dari ahli gizi.

Orang sehat yang makan durian kurang dari 250 gram, tekanan darahnya tetap sama, berdasarkan studi Effects of Durian Intake on Blood Pressure and Heart Rate in Healthy Individuals oleh tim peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia.

Baca Juga: Inilah Kadar Tekanan Darah Normal Sesuai Usia dan Penyebab Tensi Bisa Tinggi

Tapi, jika seseorang makan durian lebih dari 500 gram, maka tekanan darahnya akan sedikit naik setengah hingga dua jam setelah makan buah ini.

Kenaikan tekanan darah usai makan durian ini, menurut ahli tidak terlalu signifikan sebab, kandungan durian yang memiliki kalium atau potasium tinggi.

Ahli menunjukkan bahwa kenaikan tekanan darah setelah makan durian dalam porsi yang berlebihan tingginya kandungan gula dalam durian.

Bukan hanya durian saja, tapi makanan asupan tinggi gula yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah naik.

Ahli gizi Dr. Teresita Ungson turut menyebutkan, makan durian tidak bisa menyebabkan darah tinggi melonjak asalkan porsinya tidak berlebihan.

Tapi, ia memperingatkan agar tidak mengonsumi durian dalam jumlah berlebihan lantaran buah ini memiliki banyak gula, lemak, dan tinggi kalori.

Sementara itu dilansir dari GoodRX via Tribun Pontianak, berikut ini adalah jenis makanan penyebab darah tinggi:

  • Makanan Cepat Saji
  • Saus
  • Camilan Tidak Sehat
  • Gula
  • Makanan Kaleng

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Darah tinggi adalah gangguan kesehatan jika tekanan darah di atas 120/80 mmHg. Selain dengan minum obat dokter, Anda bisa melakukan tips berikut untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Diberitakan Kontan.co.id, tekanan darah tinggi yang tidak diatasi dengan baik berdampak buruk bagi kondisi jantung dan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), ada beberapa tips menurunkan tekanan darah tinggi.

Pertama, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda belum terbiasa melakukan kegiatan itu, mulailah dengan berjalan kaki selama 30 menit. Seiring berjalannya waktu, intensitas olahraga bisa bertambah.

Selain olahraga, tentu saja masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Berikut tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami:

Konsumsi Cokelat Hitam

Tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate. Senyawa dalam bahan alami itu mampu mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Perilaku Anak yang Sulit Diatur

Kelola Stres dengan Baik

Salah satu tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami adalah dengan mengelola stres dengan baik. Saat stres, detak jantung meningkat sehingga pembuluh darah menyempit. Hal itulah yang membuat tekanan darah tak terkontrol.

Kondisi tersebut juga bisa semakin parah saat Anda mengonsumsi terlalu banyak alkohol. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik. Cobalah melakukan berbagai macam kegiatan relaksasi. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat saran pelepas stres yang tepat.

Konsumsi Makanan Kaya Kalium

Tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami yang lain adalah memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalium. Jenis mineral itu akan membersihkan sodium dalam tubuh sehingga tekanan darah lebih baik. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalium adalah tomat, alpukat, dan yogurt.

Makan Buah Beri

Mengonsumsi buah beri berpengaruh pada tekanan darah Anda, lo. Polifenol, salah satu senyawa yang terkandung dalam buah beri, mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung yang lain.

Manfaatkan Wortel

Selanjutnya, tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami adalah konsumsi wortel. Senyawa fenolik yang terkandung dalam wortel mampu membuat pembuluh darah rileks. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam wortel juga memiliki efek antiinflamasi. Hal itulah yang membuat tekanan darah Anda menjadi lebih terkontrol. 

Berhenti Merokok

Tips menurunkan tekanan darah tinggi yang tidak boleh dilupakan adalah berhenti merokok. Medical News Today merekomendasikan Anda untuk berhenti merokok supaya tekanan darah tak terlalu tinggi. Selain menurunkan tekanan darah, menghentikan kebiasaan merokok juga mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit sehingga kondisi tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

Itulah penjelasan dari anggapan buah durian menyebabkan darah tinggi dan tips menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami. Segera hubungi dokter jika darah tinggi tak mau turun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×