kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa yang Menyebabkan Perut Buncit? Berikut Tips Menghilangkan Perut Buncit


Selasa, 10 Januari 2023 / 04:50 WIB
Apa yang Menyebabkan Perut Buncit? Berikut Tips Menghilangkan Perut Buncit


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apa yang menyebabkan perut buncit? Simak tips menghilangkan perut buncit secara alami yang mudah dilakukan berikut ini.

Apa yang menyebabkan perut buncit penting diketahui semua orang. Pasalnya, perut buncit adalah masalah yang dialami banyak orang.

Salah satu yang menyebabkan perut buncit pada banyak orang adalah penumpukan lemak. Tentu saja ada faktor-faktor tertentu yang memicu terjadinya hal tersebut. Anda perlu mewaspadainya supaya perut buncit bisa berkurang.

Lalu apa saja yang menyebabkan perut buncit?

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, lemak perut yang berlebih dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya. Maka dari itu, usahakan untuk mengontrol jumlah lemak yang Anda miliki.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan lemak di perut. Salah satunya adalah dengan menghindari beberapa faktor penumpukan lemak yang menyebabkan perut buncit.

Baca Juga: Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Cek Juga Bahan Alami Mengecilkan Perut

Berikut faktor yang menyebabkan perut buncit:

1. Stress

Yang menyebabkan perut buncit pertama adalah stress. Saat stres, keinginan Anda untuk makan berlebih meningkat. Mengutip dari Healthline (healthline.com), alih-alih tersimpan dalam bentuk lemak di seluruh bagian tubuh, hormon stres justru menyimpan makanan yang Anda konsumsi dalam bentuk lemak di perut.

Baca Juga: 6 Penyebab Perut Buncit yang Bisa Dialami Siapa Saja

2. Jarang Olahraga

Yang menyebabkan perut buncit kedua adalah jarang olahraga. Jarang olahraga jadi salah satu faktor pemicu menumpuknya lemak di sekitar perut. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan supaya lemak di perut berkurang. mulai dari sit up, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

3. Kurang Tidur

Yang menyebabkan perut buncit ketiga adalah kurang tidur. Selain stres, penyebab perut buncit juga bisa dikarenakan waktu tidur yang kurang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari lima jam per hari meningkatkan risiko kelebihan berat badan hingga 32%. Penelitian itu melibatkan 68.000 wanita dan dilakukan selama 16 tahun.

Tidak hanya kurang tidur, gangguan tidur yang lain juga berpengaruh pada jumlah lemak di sekitar perut, contohnya sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi di mana Anda berhenti bernapas saat tidur karena jaringan di kerongkongan menutup saluran pernapasan Anda.

4. Menopause

Yang menyebabkan perut buncit keempat adalah menopause. Menopause juga bisa menyebabkan lemak bertumpuk di bagian perut Anda, lo. Tubuh tidak lagi menyimpan di sekitar paha dan pinggul, tapi menyimpan lemak di bagian perut saat sudah memasuki menopause.

5. Genetik

Yang menyebabkan perut buncit kelima adalah faktor genetik. Sehubungan dengan poin sebelumnya, lemak yang menumpuk di perut juga bisa dipengaruhi oleh genetik. Tak Melansir Healthline, gen juga berpengaruh pada ukuran panggul Anda. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Pakai Bahan Alami

6. Usia yang Bertambah

Yang menyebabkan perut buncit keenam adalah penambahan usia. Saat usia bertambah, risiko penumpukan lemak di sekitar perut pun ikut meningkat. Hal itu terjadi karena metabolisme dalam tubuh yang terus melambat. Tentu saja Anda perlu menerapkan pola hidup sehat supaya hal itu tak banyak terjadi.

7. Makanan Rendah Serat

Yang menyebabkan perut buncit ketujuh adalah kebanyakan makan makanan rendah serat. Padahal, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat mampu mengurangi jumlah lemak di perut, mengatur hormon lapar, membuat Anda kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan kalori.

Tips menghilangkan perut buncit secara alami

Perut buncit jadi masalah banyak orang belakangan ini. Perut buncit harus diatasi karena bisa mengundang banyak penyakit.

Dilansir dari kompas.com, berikut tips menghilangkan perut buncit secara alami:

1. Olahraga intens

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang pertama adalah lewat olahraga. Namun, jenis olahraganya tidak sembarangan. Jenis olahraga perut buncit yang paling manjur adalah aerobik dan latihan intens.

Studi yang diterbitkan di Journal of Sports Sciences pada 2014 menyebut, olahraga aerobik atau latihan intens paling efektif mengusir lemak visceral di organ dalam perut.

2. Banyak bergerak

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang kedua adalah banyak bergerak. Jika rutin olahraga intens dirasa masih terlalu berat, tips menghilangkan perut buncit bisa dimulai dari kebiasaan aktif bergerak.

Coba mulai lacak aktivitas sehari-hari dengan mengatur jumlah langkah tertentu. Upayakan untuk jalan kaki 10.000 langkah per hari. Anda bisa mulai dengan target 5.000 langkah setiap hari lalu tingkatkan secara bertahap.  Kebiasaan aktif bergerak ditambah pengaturan pola makan sehat paling ampuh mengontrol berat badan dan menghilangkan perut buncit.

3. Kurangi kalori

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang ketiga adalah mengurangi kalori. Pemangkasan lemak tidak bisa hanya menyasar satu area tubuh, semisal bagian perut saja. Namun, bisanya dilakukan dengan menyasar seluruh tubuh. 

Untuk memangkas lemak di seluruh tubuhm mulailah dengan memotong jumlah kalori harian yang masuk ke tubuh. Coba hitung ulang dan lacak total asupan kalori yang masuk ke tubuh.

Bila perlu, konsultasikan ke ahli gizi agar target mengurangi kalori bisa efektif mengecilkan perut buncit. Saat kalori keseluruhan menurun, praktis lemak di perut juga berkurang.

4. Makan lebih banyak protein

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang keempat adalah memperbanyak konsumsi protein. Riset menyebut pemindaian otak menunjukkan protein dapat menurunkan aktivitas di daerah otak yang merangsang keinginan makan.

Protein dapat meningkatkan hormon yang membuat Anda merasa kenyang. Sehingga, perut jadi tidak gampang merasa lapar untuk jangka waktu yang lebih lama.

Pilih protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, atau kacang-kacangan. Tapi ingat, hindari segala jenis gorengan atau protein yang digoreng.

5. Konsumsi banyak buah dan sayuran

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang kelima adalah meningkatkan asupan buah dan sayuran. Sayur dan buah kaya akan nutrisi dan kandungan seratnya melimpah.

Saat makan serat, Anda akan merasakan kenyang namun kandungan kalori lebih sedikit. Demi mengecilkan perut buncit dan menjaga kesehatan, mulai sekarang isi setengah bagian piring Anda dengan sayur. 

6. Batasi minuman manis

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang keenam adalah mengurangi minuman manis. Gula dari minuman manis seperti soda, jus, atau boba gampang diserap ke dalam aliran darah dan memacu insulin.

Penelitian menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi minuman manis terkait dengan kenaikan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2. Ketimbang mengonsumsi minuman manis yang membahayakan kesehatan, dapatkan gula alami dari bahan makanan.

Misalkan, daripada minum jus apel manis lebih baik pilih mengunyah buah apel. Selain bebas tambahan gula, proses mengunyah dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Minimalkan stres

Tips menghilangkan perut buncit secara alami yang ketujuh adalah mengurangi stres. Hormon stres atau kortisol erat kaiatannya dengan lemak perut dan kenaikan berat badan.

Studi menyebut, orang yang memiliki kadar kortisol tinggi untuk jangka waktu yang lama, cenderung mengalami obesitas dan perut buncit.

Tak perlu muluk-muluk memilih aktivitas menghilangkan stres. Lakukan yoga, meditasi, menonton film, mendengarkan musik, atau hindari sumber stres. Perlu diingat, beragam cara alami mengecilkan perut buncit di atas baru efektif jika dilakukan secara konsisten.

Itulah faktor apa saja yang menyebabkan perut buncit serta tips menghilangkan perut buncit. Segera lakukan tips menghilangkan perut buncit di atas demi masa depan kesehatan Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×