6 Penyebab Perut Buncit yang Bisa Dialami Siapa Saja

Rabu, 12 Januari 2022 | 12:06 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Penyebab Perut Buncit yang Bisa Dialami Siapa Saja

ILUSTRASI. Penyebab perut buncit ada banyak yang perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - Salah satu penyebab perut buncit yang cukup umum terjadi adalah penumpukan lemak di bagian tubuh itu. Nah, ada beberapa faktor yang jadi pemicu penumpukan lemak.

Anda perlu mewaspadainya supaya jumlah lemak bisa lebih terkontrol. Sebab, lemak di sekitar perut bisa meningkatkan inflamasi atau peradangan dalam tubuh, berpengaruh pada resistensi insulin, dan lain sebagainya.

Hal-hal itu jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Supaya Anda bisa menghilangkan lemak di perut dengan lebih mudah, Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter supaya penyebab penumpukan lemak di perut bisa terdiagnosa dengan lebih tepat. Nah, berikut penyebab perut buncit:

Gen

Melansir Very Well Fit, gen bisa jadi salah satu faktor yang meningkatkan penumpukan lemak di sekitar perut. Selain itu, lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal jadi faktor lain yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengecilkan Perut Pakai Bahan Alami

Terlalu banyak kalori

Penyebab perut buncit berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah surplus kalori. Artinya, jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada kalori yang Anda buang.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memerhatikan makanan yang Anda konsumsi dan meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Metabolisme

Penyebab perut buncit berikutnya adalah metabolisme tubuh Anda. Seiring bertambahnya usia, metabolisme dalam tubuh semakin lambat. Akibatnya, jumlah kalori dan lemak dalam tubuh yang terbakar tak sebanyak saat usia Anda masih mudah.

Jenis obat tertentu

Mengonsumsi jenis obat tertentu bisa jadi penyebab perut buncit.

Perut buncit juga bisa Anda alami karena konsumsi jenis obat tertentu. Misalnya, obat antidepresan, kortikosteroid dan antipsikotik.

Jika Anda merasa khawatir tentang berat badan setelah mengonsumsi jenis obat tertentu, tak ada salahnya untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Baca Juga: Inilah 5 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Waktu tidur tidak terpenuhi

Menurut sebuah penelitian, mereka yang tidur kurang dari 5 jam tiap malam mengalami penambahan berat badan hingga 15 kg. Hal itu menunjukkan, penting bagi Anda untuk memenuhi waktu tidur dan memperbaiki kualitas istirahat di malam hari.

Kesehatan Mental

Very Well Fit menyebutkan, kondisi kesehatan mental bisa jadi salah satu penyebab perut buncit. Saat stres, jumlah hormon kortisol ikut bertambah.

Hal itulah yang berpengaruh pada jumlah lemak yang menumpuk di sekitar perut dan bertambahnya berat badan secara keseluruhan. Anda pun cenderung mengonsumsi makanan berlebih saat mengalami stres.

Jenis makanan yang Anda konsumsi pun biasanya jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Hal itulah yang menyebabkan berat badan sulit terkontrol saat stres.

Selanjutnya: IHSG Menguat 0,18% ke 6.659 Pada Sesi I Hari Ini, Net Buy Asing Rp 299,78 Miliar

Editor: Belladina Biananda
Terbaru