kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Saja Manfaat Puasa bagi Kesehatan?


Selasa, 05 April 2022 / 12:55 WIB
Apa Saja Manfaat Puasa bagi Kesehatan?
ILUSTRASI. Manfaat puasa bagi kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Memasuki bulan ramadan, seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari. Perlu Anda ketahui, ternyata puasa mempunyai manfaat bagi kesehatan, lo. 

Penasaran, apa saja manfaat menjalankan puasa bagi kesehatan? Sebelum itu, puasa adalah menahan berbagai hawa nafsu termasuk rasa lapar dan haus, mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya Matahari. 

Melansir dari Healthline, puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. Tidak hanya itu, berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan lainnya:

1. Mengontrol gula darah 

Beberapa penelitian telah menemukan, puasa dapat mengrontrol kadar gula darah yang bisa sangat berguna bagi Anda yang berisiko diabetes.

Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan, puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

2. Melawan peradangan

Manfaat menjalankan puasa bagi kesehatan selanjutnya adalah mampu melawan berbagai jenis paradangan. Beberapa penelitian telah menemukan, puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain itu, puasa juga baik untuk kesehatan jantung, lo. Mengubah pola makan dan gaya hidup Anda adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan, memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda, mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

Baca Juga: Ketahui 7 Cara Mencegah Sakit Maag Kambuh Saat Menjalankan Puasa Ramadan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×