7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Selasa, 05 April 2022 | 12:22 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

ILUSTRASI. Olahraga ringan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan saat menjalan puasa di bulan Ramadan.

KONTAN.CO.ID - Bulan ramadan adalah waktu di mana seluruh umat Islam di dunia menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar. 

Saat menjalankan puasa, tubuh membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaga sistem kekebalan dan fungsi tubuh tetap terjaga. Pasalnya, saat puasa umat Islam harus menahan berbagai hawa nafsu termasuk rasa lapar dan haus.

Di sisi lain, menjaga kesehatan saat bulan ramadan juga terjadi perubahan jam makan dan tidur. Untuk itu, menjaga asupan makanan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat menjalankan puasa.

Melansir dari Emirates Woman, ada beberapa tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan agar puasa berjalan lancar.

1. Jangan melewatkan makan

Hindari melewatkan waktu makan, terutama sahur. Makan karbohidrat lambat saat Anda bangun akan memberi Anda energi yang tahan lama sepanjang hari sekaligus dapat menjaga kesehatan.

Jika Anda tidak memiliki nafsu makan yang besar di pagi hari atau saat sahur, segelas susu, beberapa kacang dan kurma bisa jadi alternatif. 

Selain itu, ingatlah untuk minum setidaknya dua hingga tiga gelas air sebelum Anda mulai berpuasa untuk menghindari rasa dehidrasi selama jam-jam puasa.

Baca Juga: Catat, Tanggal Merah Bulan April 2022, Apa Saja?

2. Makan pelan-pelan saat buka puasa

Tips menjaga kesehatan selanjutnya adalah makanlah dengan pelan-pelan saat berbuka puasa. Soalnya, perut dalam keadaan kosong dan akan kaget jika Anda makan terburu-buru.

Contohnya, Anda bisa mengonsumsi kurma, alpukat, atau berbagai jenis buah lain sebelum makan makanan berat. 

3. Penuhi vitamin B kompleks

Memiliki vitamin B kompleks seperti neurobion saat sahur telah terbukti menjaga tingkat energi selama periode puasa, serta tentunya sangat baik juga untuk kesehatan.

Baca Juga: Hati-Hati! 8 Penyebab Sakit Maag Kambuh Saat Puasa Ini

4. Hindari makanan pedas, manis, dan digoreng

Puasa seringkali dapat meningkatkan kadar keasaman lambung di perut, menyebabkan rasa terbakar dan perut kembung. Hal tersebut bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan kaya serat yang baik untuk kesehatan.

Untuk itu, penting menghindari makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas, makanan asin, dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula guna menjaga kesehatan saat puasa.

5. Hindari minum kafein

Minuman dengan kandungan kafein tinggi, seperti kopi, teh, coklat, dan soda harus dihindari. Kafein menyerap kalsium dari sistem Anda, yang membuat Anda merasa kurang kenyang sepanjang waktu. 

Hindari minum teh saat sahur, karena bisa meningkatkan ekskresi garam dalam urin yang dibutuhkan tubuh Anda selama puasa.

Minuman yang ideal adalah air putih. Atau, jika Anda merasa lebih dehidrasi dari biasanya, coba tambahkan irisan jeruk nipis, stroberi, atau bahkan mint ke dalam segelas air putih yang akan diminum.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa yang Perlu Anda Ketahui

6. Olahraga ringan

Aktivitas fisik ringan juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama puasa. Selama menjalankan puasa, tubuh Anda juga bisa mengalami kekurangan air sebagai rasa lapar dan bisa menyebabkan Anda menelan lebih banyak daripada yang bisa ditangani tubuh Anda.

Untuk itu, pastikan untuk minum banyak air saat berbuka puasa.

7. Hindari merokok

Menghindari rokok adalah salah satu cara yang bijak menjaga kesehatan tubuh sata puasa. Selain itu, bulan ramadan juga adalah waktu yang tepat untuk mencoba menghentikan kebiasaan merokok.

Sehingga, kesehatan tubuh tetap terjaga serta terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru