4 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 05 April 2022 | 04:45 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Cara Mencegah Asam Lambung Naik Saat Puasa yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Cara mencegah asam lambung naik saat puasa.


KONTAN.CO.ID - Puasa adalah salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam. Bagi Anda yang mempunyai penyakit asam lambung, penting untuk mengetahui berbagai cara untuk mencegah asam lambung naik saat menjalankan puasa. 

Pasalnya, saat menjalankan puasa seseorang seseorang harus menahan hawa nafsu termasuk rasa lapar dari subuh hingga adzan magrib berkumandang. Selama waktu tersebut, bisa saja menjadi risiko asam lambung naik. 

Hal tersebut dikarenakan asam lambung bisa naik saat perut dalam keadaan kosong karena tidak ada asupan makanan yang bisa dicerna. 

Baca Juga: Catat, Tanggal Merah Bulan April 2022, Apa Saja?

Untuk itu, melansir dari Leaf TV ada beberapa cara mencegah asam lambung naik saat puasa yang perlu Anda ketahui. 

1. Minum Air Hangat

Minum air hangat saat buka adalah salah satu cara mencegah asam lambung naik saat menjalankan puasa. Pasalnya, air hangat dapat membantu menenangkan perut lebih baik dari pada air dingin.

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Minumlah air putih secukupnya saat berbuka maupun sahur. Pasalnya, tubuh membutuhkan cairan lebih saat menjalankan puasa serta dapat mencegah asam lambung naik. 

3. Tidur yang Cukup

Pola tidur yang baik juga dapat berpengaruh untuk mencegah asam lambung naik. Selain itu, gunakanlah bantal agar asam lambung tidak naik juga saat Anda dalam kondisi tidur terlentang, apalagi saat bangun tidur di pagi atau siang hari di tengah menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Menjalankan Puasa

4. Hindari Minuman dengan Pemanis Buatan

Jika Anda mempunyai riwayat penyakit asam lambung, usaha menghindari minuman dengan pemanis buatan saat buka puasa maupun sahur.
Pasalnya, minuman tersebut dapat memicu asam lambung naik dan tidak baik juga bagi kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru