Hati-Hati! 8 Penyebab Sakit Maag Kambuh Saat Puasa Ini

Selasa, 05 April 2022 | 04:46 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hati-Hati! 8 Penyebab Sakit Maag Kambuh Saat Puasa Ini

ILUSTRASI. Ilustrasi penyebab sakit maag saat puasa.


KONTAN.CO.ID - Penyakit maag adalah suatu kondisi yang menimbulkan rasa tidak nyaman akibat peradangan pada lapisan dalam lambung. Sakit maag kambuh saat puasa adalah hal yang wajar karena adanya perubahan waktu makan, namun ada beberapa penyebab sakit maag yang perlu Anda ketahui. 

Biasanya penyakit maag kambuh dikaitkan dengan telat makan. Oleh karena itu saat menjalankan puasa Anda perlu berhati-hati jika mempunyai penyakit maag. 

Melansir dari Notes Read, ada beberapa penyebab sakit maag kambuh saat puasa yang perlu Anda perlu ketahui. 

Baca Juga: Catat, Tanggal Merah Bulan April 2022, Apa Saja?

1. Makan Terlalu Banyak Saat Sahur dan Buka

Hal pertama yang menyebabkan sakit maag saat puasa yang sering tanpa disadari dilakukan adalah makan berlebihan saat berbuka dan sahur. Biasanya karena lapar mata melihat makanan, menyebabkan nafsu makan banyak.

Kebiasaan buruk tersebut dapat meningkatkan risiko pemicu dispepsia dan refluks asam pada penderita gastritis atau penyakit maag. Saat perut kosong, maka langsung makan banyak saat berbuka membuat asam lambung naik. 

2. Melewatkan Sahur

Memang bangun subuh cukup susah karena masih terasa ngantuk, tapi harus dipaksa bangun untuk makan sahur. Jika tidak sahur, kemungkinan akan memicu sakit maag kambuh saat puasa, terutama bagi yang memiliki riwayat maag akut.

3. Segera Tidur Setelah Sahur

Kebiasaan yang sering dilakukan yang menjadi penyebab sakit maag lainnya adalah langsung tidur setelah subuh karena mengantuk atau tertidur sambil menunggu sholat subuh. Padahal, hal ini bisa menyebabkan sakit maag kambuh saat puasa.

Selain itu, tidur segera setelah subuh juga dapat menyebabkan acid reflux (peningkatan asam lambung ke kerongkongan), mual, bahkan muntah.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Menjalankan Puasa

4. Makan Makanan Pemicu Maag

Penyebab sakit maag saat puasa seringkali disebabkan oleh makanan tertentu yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Makanan pemicu maag antara lain makanan yang digoreng, pedas, panas, berlemak, dan asam (seperti jeruk, lemon dan tomat) karena cenderung mengiritasi saluran pencernaan.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru