Ketahui 7 Cara Mencegah Sakit Maag Kambuh Saat Menjalankan Puasa Ramadan

Selasa, 05 April 2022 | 12:17 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ketahui 7 Cara Mencegah Sakit Maag Kambuh Saat Menjalankan Puasa Ramadan

ILUSTRASI. Cara mencegah sakit maag kambuh saat puasa.


KONTAN.CO.ID - Maag adalah salah satu penyakit yang cukup banyak dialami sebagian orang. Perlu Anda ketahui, ada beberapa cara mencegah sakit maag kambuh saat menjalankan puasa Ramadan. 

Saat bulan Ramadan, umat Islam di dunia menjalankan ibadah puasa yang mengharuskan menahan berbagai hawa nafsu termasuk rasa lapar dan haus. Hal tersebut mungkin bisa jadi memicu sakit maag kambuh bagi sebagian orang. 

Namun, tak usah khawatir, ada beberapa cara mencegah sakit maag kambuh dan Anda bisa menjalankan puasa selama 30 hari yang dilansir dari Notes Read:

1. Selalu sahur

Meski masih ngantuk untuk bangun subuh, paksakan untuk bangun dan makan saat sahur untuk mencegah maag kambuh lagi saat puasa. Yang terbaik adalah, melakukan makan di akhir waktu sebelum imsak atau batas waktu sebelum puasa.

Baca Juga: Hati-Hati! 8 Penyebab Sakit Maag Kambuh Saat Puasa Ini

2. Jangan tidur setelah sahur

Cara mencegah agar sakit maag tidak kambuh selanjutnya usahakan untuk tidak tidur setelah sahur.  Pasalnya, tidur setelah subuh bisa memicu asam lambung naik yang menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis gangguan pencernaan lain.

Jika Anda ingin kembali tidur, tunggu satu jam dulu.

3. Buka puasa tepat waktu

Karena menunda buka puasa bisa memicu asam lambung naik, maka cepatlah berbuka. Minuman dan makanan yang dianjurkan saat berbuka puasa adalah minum segelas air putih dan kurma untuk mengembalikan cairan tubuh dan energi yang hilang selama berpuasa.

Perlu diketahui, kurma merupakan makanan yang digunakan untuk berbuka puasa. Bukan tanpa alasan, kurma mengandung gula alami sebagai sumber energi.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Mengkonsumsi Madu Saat Menjalankan Puasa

4. Makanlah dalam porsi kecil saat buka puasa

Saat berbuka, makanlah dalam porsi kecil, tetapi lebih sering. Misalnya, mulailah dengan kurma dan camilan sebelum salat magrib. Sambil menyantap hidangan utama bisa disantap sebelum salat tarawih.

Ingat, makan secukupnya dan jangan kebanyakan makan, karena dapat memicu sakit maag Anda kambuh.

5. Berhenti makan sebelum tidur

Cain lain untuk mencegah sakit maag kambuh adalah berhenti makan tiga sampai empat jam sebelum tidur di malam hari untuk memberikan sistem pencernaan istirahat yang cukup.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi makan setelah salat tarawih.

Baca Juga: Sering untuk Buka Puasa, Ini Kandungan dan Manfaat Makan Kurma

6. Hindari makanan dan minuman penyebab maag

Cara mencegah sakit maag tidak kambuh sebaiknya hindari makanan tertentu seperti gorengan, makanan panas, pedas, dan mengandung asam karena cenderung mengiritasi saluran pencernaan.

Hindari juga makanan kaleng atau olahan karena makanan tersebut memiliki umur simpan yang lama yang biasanya banyak mengandung bahan kimia, termasuk pengawet karena bisa juga memicu sakit maag kambuh.

7. Hindari merokok

Sebisa mungkin hindari merokok saat berbuka atau sahur karena memicu maag dan dispepsia refluks asam bagi yang menderita maag atau asam lambung.

Cara ini juga bisa mencegah kanker tertentu, seperti kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, leher rahim, dan penyakit lain yang disebabkan oleh rokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru