kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Adakan Bincang Sehat, Siloam Hospitals Mampang Edukasi Ciri Menstruasi Normal


Jumat, 20 Mei 2022 / 07:04 WIB
Adakan Bincang Sehat, Siloam Hospitals Mampang Edukasi Ciri Menstruasi Normal
ILUSTRASI. Siklus menstruasi


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menstruasi adalah perdarahan yang keluar dari rahim akibat luruhnya lapisan dinding rahim yang terjadi secara siklik atau periodik pada siklus yang terdapat ovulasi ( pecahnya sel telur). Menstruasi merupakan penanda telah berfungsinya sistem reproduksi seorang perempuan.

Setiap bulan, dibawah pengaruh hormon-hormon yang diatur oleh otak maka ovarium akan menghasilkan satu buah sel telur yang matang yang nantinya akan pecah.

Selama proses  ini akan dihasilkan hormon yang menyebabkan penebalan dinding rahim sehingga bila terjadi pembuahan oleh sperma maka rahim akan siap menerima hasil konsepsi, namun bila tidak dibuahi maka dinding rahim akan luruh dan terjadilah menstruasi.

"Jika ovulasi terjadi dan sel telur tidak dibuahi, lapisan dinding rahim kemudian akan luruh dan dikeluarkan melalui vagina dan proses inilah yang disebut sebagai menstruasi", tutur dr Joan Meutia Sari Sp.OG., Selasa, (17/5) lalu aplikasi live Instagram Sahabat Siloam.

Baca Juga: Tanpa Minum Obat, Begini 5 Cara Meredakan Sakit Haid

Menarche atau keluarnya darah haid pertama kali pada seorang perempuan terjadi rata rata di usia 9-12 tahun namun hal ini dipengaruhi juga oleh faktor genetik dan faktor lingkungan seperti status gizi dan asupan makanan, bila haid tidak datang pada usia 14 tahun dan tidak ada tanda seks sekunder ( payudara atau bulu tidak tumbuh) maka disarankan untuk diperiksakan ke dokter, namun bila terdapat tanda seks sekunder maka dapat ditunggu hingga 16 tahun.

Pada umumnya, pada saat seorang perempuan mulai menstruasi, siklus haid masih dapat tidak teratur dan menjadi panjang, hal ini masih normal dan semakin lama akan menjadi teratur seiring bertambahnya usia sehingga masih dapat dinilai dalam 2 tahun sedangkan pada masa menjelang menopause maka siklus akan semakin memanjang dan pada akhirnya akan berhenti disebabkan oleh jumlah cadangan  sel telur pada ovarium yang semakin menurun.

Update terkini siklus menstruasi normal adalah 24-38 hari dengan rentang variasi maju atau mundurnya periode sekitar 7 hari,  lama menstruasi  berkisar 2-7 hari dan tidak lebih dari 8 hari, jumlah darah sekitar 80cc, tidak ada gumpalan darah yang besar, tidak ada perdarahan di luar siklus haid dan tidak ada PMS atau nyeri yang berlebihan sehingga mengganggu aktivitas.

'Siklus Menstruasi yang baik dan teratur dapat menggambarkan fungsi reproduksi yang baik pula", imbuh dokter Joan kepada puluhan viewer yang intens mengikuti edukasi.

Selanjutnya Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi ( kebidanan dan kandungan di Rumah Sakit Siloam yang berlokasi di bilangan Mampang prapatan Jakarta Selatan ini, menambahkan, adapun  Obesitas dapat memicu kelainan atau gangguan siklus haid yang baik karena dapat mengganggu proses perkembangan sel telur.

Selain itu, ketidakseimbangan hormonal dan beberapa  kelainan atau penyakit pada rahim seperti mioma( tumor jinak rahim), polip, keganasan rahim serta konsumsi obat pengencer darah juga dapat mengganggu menstruasi yang normal.

Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kanan? Kenali 4 Penyebab yang Mungkin Anda Alami




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×