Tanpa Minum Obat, Begini 5 Cara Meredakan Sakit Haid

Senin, 16 Mei 2022 | 14:28 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Tanpa Minum Obat, Begini 5 Cara Meredakan Sakit Haid

ILUSTRASI. Cara meredakan sakit haid tanpa minum obat.


KONTAN.CO.ID - Perempuan pasti tak asing dan pasti pernah mengalami sakit haid. Oleh karena itu, tak sedikit sebagian perempuan mencari berbagai cara meredakan sakit haid.

Sebagai alternatif, ada beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum haid. Sebab, terkadang rasa sakit haid terasa cukup lama hingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari yang harus dilakukan. 

Tidak hanya rasa sakit di bagian perut, biasanya payudara terasa sakit dan susah untuk berkonsentrasi. 

Dilansir Medica News Today, ada beberapa  cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. 

Pasalnya, sebagian orang menghindari minum obat karena takut akan kecanduan minum obat pereda sakit saat haid atau menstruasi.

Baca Juga: Hari Raya Waisak 2566 BE, Cek Lagi Daftar Hari Libur Naisional Bulan Mei 2022

Jika sudah mengganggu aktivitas, hal tersebut perlu ditangani. Berikut adalah beberapa cara meredakan sakit haid: 

Kompres air hangat

Tips yang pertama meredakan haid adalah dengan cara mengompres perut bagian bawah atau bagian yang sakit dengan air hangat. Hal tersebut akan bisa meredakan rasa sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman. 

Olahraga ringan 

Olahraga ringan dipercaya dapat mengurangi sakit saat haid. Sebuah studi Taiwan menemukan, 12 minggu kelas yoga dua kali seminggu mengurangi kram menstruasi pada peserta penelitian.

Orgasme

Orgasme adalah obat yang bagus untuk meredakan sakit haid. Mirip dengan olahraga, mengalami orgasme melepaskan banyak endorfin dan hormon lain yang menghilangkan rasa sakit, membantu seseorang merasa baik.

Baca Juga: Selain Baik Untuk Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat Menarik Mengkonsumsi Wortel
 
Jangan makan sembarangan

Tips selanjutnya, Anda jangan makan sembarangan karena hal ini bisa memacu rasa sakit haid. Hindari makanan seperti gorengan, alkohol, kopi, serta jangan terlalu banyak merokok sampai rasa sakit haid hilang.

Minum teh herbal

Meminum teh herbal dipercaya dapat mengurangi rasa sakit haid karena bisa menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Selain untuk meredakan rasa sakit haid, meminum teh herbal juga baik untuk kesehatan. 

Itulah beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru