kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sakit Perut Sebelah Kanan? Kenali 4 Penyebab yang Mungkin Anda Alami


Jumat, 13 Mei 2022 / 12:42 WIB
Sakit Perut Sebelah Kanan? Kenali 4 Penyebab yang Mungkin Anda Alami
ILUSTRASI. Penyebab sakit perut sebelah kanan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Sakit perut dialami banyak orang. Namun, terkadang ada juga yang mengalami sakit perut sebelah kanan. Berikut ini penyebab sakit perut sebelah kanan. 

Umumnya, banyak orang mengira penyebab sakit perut sebelah kanan adalah usus buntu. Ini tidak sepenuhnya salah, ada beberapa penyebab lain sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda waspadai.

Usus buntu adalah penyakit yang paling umum bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Selain itu, sakit perut sebelah kanan juga bisa menjadi tanda atau gejala berbagai penyakit lain. 

Rasa sakit perut sebelah kanan tersebut biasaya menjadi tanda ada gangguan organ yang berada di area sebelah kanan perut. Nyeri tersebut umumnya terjadi karena ada peradangan. 

Baca Juga: Efektif Tanpa Minum Obat, Begini 6 Cara Mudah Menyembuhkan Flu

Ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Dilansir dari Healthline berikut penyebabnya: 

Usus buntu 

Salah satu penyebab sakit perut sebalah kanan adalah radang usus buntu. Selain sakit perut sebelah kanan, peradangan usus buntu juga bisa menimbulkan gejala lain seperti kurang nafsu makan, demam, mual, dan muntah-muntah.

Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah untuk memeriksa ke dokter atau tenaga media terdekat agar bisa segera ditangani.

Batu ginjal 

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda waspadai adalah gejala batu ginjal. Keberadaan batu ginjal dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan, khususnya di antara saluran kandung kemih dan ginjal. 

Baca Juga: 5 Camilan Ibu Hamil yang Enak dan Menyehatkan Kandungan

Kehamilan ektopik 

Kehamilan ektopik adalah salah satu jenis kehamilan yang terjadi di luar rahim. Ini bisa menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan, bahkan hingga pendarahan. 

Menstruasi

Khususnya para wanita, jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan, bisa disebabkan oleh menstruasi. Biasanya, selain sakit perut menstruasi juga menimbulkan gejala lain, seperti mual dan pusing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×