Adakan Bincang Sehat, Siloam Hospitals Mampang Edukasi Ciri Menstruasi Normal

Jumat, 20 Mei 2022 | 07:04 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Adakan Bincang Sehat, Siloam Hospitals Mampang Edukasi Ciri Menstruasi Normal

ILUSTRASI. Siklus menstruasi


PMS ( Premenstrual syndrome)

Premenstrual syndrome (PMS) atau sindrom pramenstruasi adalah gejala-gejala yang dialami wanita sebelum memasuki masa bulanan (menstruasi).

Dikatakan dokter Joan  gejala tersebut berupa perubahan fisik, perubahan perilaku, termasuk perubahan emosi. Dan secara umum gejala PMS muncul 1–2 minggu sebelum hari pertama menstruasi setiap bulannya.

"Gejala ini  yang sering muncul seminggu sebelum terjadinya menstruasi, mungkin berbeda beda yang dirasakan antara lain ; Mudah letih, nyeri pada payudara, perubahan mood, jerawat dan lainnya", kata  dr Joan Meutia Sari Sp.OG.

Diselingi kesempatan tanya jawab, Dokter Joan turut  menjawab seputar Amenore dan Dismenore yang merupakan dua gangguan haid yang kerap dikeluhkan oleh pasien.

Amenore merupakan kondisi dimana seorang perempuan tidak mengalami menstruasi pada masa  seharusnya menstruasi, dan dismenore merupakan kram atau nyeri yang dirasa kan sebelum atau selama haid berlangsung, hal ini dapat disebabkan oleh adanya zat kimia prostaglandin yang dihasilkan  oleh tubuh selama menstruasi.

Baca Juga: Siloam (SILO) Berencana Bagi Dividen Rp250 miliar Tahun Buku 2021

Apabila anda merasakan nyeri haid yang sangat hebat disarankan untuk melakukan  konsultasi pada ginekolog anda untuk melihat adanya faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

Pada akhir bincang bincang dr. Joan memberikan tips agar lebih nyaman dalam menjalani masa menstruasi di antaranya adalah cukup istirahat dan tidur selama 7-8 jam, pastikan tubuh cukup cairan dengan minum air putih yang cukup, mandi air hangat atau kompres perut dengan air hangat dapat memberikan rasa rileks dan mengurangi rasa kram dan nyeri, kurangi konsumsi garam karena tubuh cenderung menahan air pada saat haid sehingga payudara akan terasa kencang dan nyeri, selain itu rasa begah / bloating akan dapat berkurang.

Banyak konsumsi makanan bergizi terutama makanan yang mengandung zat besi dan olahraga 150x/minggu atau 30 menit selama 5 hari akan membuat rileks , menjaga berat badan ideal dan mengalihkan pikiran dari rasa tidak nyaman pada saat menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru