kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,79   5,15   0.56%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada Berbagai Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Catat!


Rabu, 05 April 2023 / 13:25 WIB
Ada Berbagai Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis, Catat!
ILUSTRASI. Manfaat buah pinang untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Cara berbagai manfaat buah pinang untuk kesehatan tubuh yang teruji secara klinis. Oleh sebab itu, manfaat buah pinang untuk kesehatan cukup menarik untuk diketahui.

Namun, manfaat buah pinang untuk kesehatan sudah tidak perlu Anda ragukan.

Manfaat buah pinang terbilang cukup beragam. Pasalnya, buah pinang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan dan baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Okra Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Oleh sebab itu tak heran buah pinang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, tak sedikit juga orang yang mengolah buah pinang menjadi ramuan obat herbal, jamu, jus hingga berbagai jenis makanan lainnya. 

Meski memiliki banyak manfaat, Anda tetap jangan mengkonsumsi buah pinang secara berlebihan. Alih-alih ingin mendapatkan manfaat malah akan menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Lantas apa saja manfaat buah pinang untuk kesehatan?

Melansir dari Lybrate, berikut beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan, di antaranya:

Baca Juga: Catat 8 Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan yang Penting Diketahui Saat Puasa

1. Menyegarkan Mulut

Salah satu manfaat buah pinang yang paling umum adalah dapat menjaga kesehatan dan menyegarkan mulut. Sehingga dapat terhindar dari mulut kering, bau mulut, bibir pecah-pecah dan lain-lain.

Pasalnya, dengan mengunyah buah pinang, mulut menghasilkan lebih banyak air liur dan membantu mencegah mulut kering sehingga mulut tetap segar.

2. Membersihkan Gigi

Buah pinang juga sering dimanfaatkan untuk menghilangkan atau membersihkan gigi bernoda. Banyak orang menderita kondisi yang disebut mulut menguning. Hal ini disebabkan ketika mereka minum kopi, teh, dan minuman lainnya secara berlebihan. 

Untuk mencegah pewarnaan atau menguningnya gigi, Anda bisa memanfaatkan buah pinang yang sudah dihaluskan untuk diaplikasikan ke gigi bernoda.

Baca Juga: Melancarkan Sistem Pencernaan, Ini 6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

3. Mencegah Infeksi Gusi

Selain itu buah pinang juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi dan mencegah infeksi gusi. Caranya, Anda hanya tinggal merebus buah pinang. Lalu gunakan air rebusan buah pinang tersebut untum berkumur.

Selain itu, buah pinang juga mempunyai manfaat yang bisa sekaligus mengatasi gusi bengkak.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah pinang selanjutnya dipercaya mampu melancarkan pencernaan. Gangguan pencernaan kerap kali menyebabkan rasa hambar di mulut. Dengan mengunyah buah pinang Anda bisa mengatasi masalah tersebut.

Selain dapat mengatasi masalah pencernaan, mengkonsumsi buah pinang juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga: Wajib Tahu Saat Puasa! Kenali 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengatasi Keputihan

Buah pinang juga baik untuk mengatasi keputihan seorang perempuan. Umumnya, keputihan berlebih disebabkan oleh hormon estrogen yang tidak seimbang. 

Dengan mengkonsumsi buah pinang hal tersebut dapat teratasi. Selain itu, mengkonsumsi buah pinang juga dapat memperbaiki siklus menstruasi dan mengurangi kram saat datang bulan.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Penelitian menunjukkan buah pinang dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan meningkatkan rangsangan, jika dikonsumsi dalam dosis ringan. 

Contohnya, dengan mengkonsumsi buah pinang, pengemudi yang melakukan perjalanan pada malam hari dapat tetap waspada dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Ayo Kenali 7 Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan yang Menakjubkan

7. Mencegah Diare

Buah pinang juga mempunyai manfaat lainnya yaitu dapat mencegah diare. Tak hanya itu, mengkonsumsi buah pinang juga dapat mengurangi kembung sehingga dapat mengurangi intensitas Anda ke kamar mandi.

8. Menjaga Kesehatan Seksual

Buah pinang bermanfaat dalam mengobati ejakulasi dini atau suatu kondisi yang menyebabkan kemandulan pada pria. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mencoba buah pinang.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

9. Meningkatkan Kekuatan Otot

Orang yang menderita stroke atau penyakit jantung mungkin memiliki kekuatan otot yang buruk dan dapat menyebabkan bicara cadel. Dengan mengkonsumsi buah pinang secara teratur, kekuatan otot dapat kembali pulih dan kemampuan berbicara dapat ditingkatkan kembali.

Meski demikian buah pinang mempunyai banyak manfaat, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah efek samping dan lebih memaksimalkan manfaat yang bisa didapatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×