kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui


Senin, 25 September 2023 / 13:26 WIB
9 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat kayu manis untuk kesehatan yakni mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi otak, dan menurunkan kolesterol.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Kayu Manis - Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan aroma, ternyata ada sejumlah manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh. 

Meski kayu manis telah banyak digunakan sebagai pengobatan, namun manfaat kayu manis untuk kesehatan masih perlu penelitian lebih lanjut.

Beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan diantaranya untuk mengontrol gula darah, meningkatkan fungsi otak, dan menurunkan kolesterol. 

Selain itu, apa saja manfaat kayu manis untuk kesehatan? 

Baca Juga: 5 Aroma Parfum Paling Seksi yang Bisa Meningkatkan Gairah Seks, Sangat Menggoda

Manfaat kayu manis 

Manfaat Kayu Manis

Dirangkum dari buku "Kelor Tanaman Ajaib untuk Kehidupan yang Lebih Sehat", berikut sejumlah manfaat kayu manis untuk kesehatan:

1. Mengontrol gula darah

Manfaat kayu manis yang pertama adalah kemampuannya mengontrol gula darah. Hal ini lantaran kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol gula darah. 

Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. 

Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol jahat, dan kolesterol total pada pasien diabetes. 

Baca Juga: 7 Obat Rematik Herbal Ampuh yang Bisa Dicoba di Rumah

2. Anti infeksi 

Manfaat kayu manis lainnya adalah kemampuannya mengatasi infeksi. Hal ini karena kayu manis memiliki komponen anti infeksi alami. 

Dalam berbagai penelitian, kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. pylori yang dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri. 

3. Menurunkan kolesterol 

Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Sehingga, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol. 

Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, manfaat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya. 

Baca Juga: 11 Resep Jamu Herbal Kesehatan, dari Jamu Diabetes Hingga Penurun Asam Urat

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas menunjukkan bahwa manfaat kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. 

Tidak hanya itu, khasiat kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker. 

5. Menghangatkan tubuh 

Manfaat kayu manis juga biasa digunakan untuk pengobatan tradisional Cina pada penderita demam dan influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman. 

6. Mencegah penggumpalan darah 

Cinnamaldehyde adalah suatu senyawa atau komponen di dalam minyak atsiri pada kulit kayu manis. Komponen tersebut dapat mengurangi peradangan dan mencegah penggumpalan darah. 

Selain itu, kayu manis juga mengeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut arachidonic

Baca Juga: 4 Rekomendasi Parfum Pria Merek Lokal untuk Kado Suami atau Pacar

7. Meringankan sakit pada penderita rematik 

Khasiat kayu manis untuk kesehatan selanjutnya adalah kemampuannya mengatasi rematik. Dalam studi yang dilakukan Department of Internal Medicine menunjukkan bahwa kayu manis juga dapat mengurangi sitokin. 

Sitokin adalah protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi, dan hematopoesis yang dapat menyebabkan rematik. 

8. Menyeimbangkan kadar hormon 

Kayu manis memiliki kandungan alami yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita. 

Baca Juga: Rempah-Rempah Ini Efektif Melumpuhkan Asam Lambung Tinggi

9. Menjaga kondisi sel saraf

Kematian sel saraf adalah pemicu berbagai penyakit saraf seperti penyakit Huntington, Alzheimer, Parkinson, dan sejenisnya. 

Penyakit-penyakit neurodegeneratif ini berhubungan dengan kerusakan sel-sel saraf dan memengaruhi pengendalian gerak, pengolahan informasi sensorik, hingga pengambilan memori. 

Manfaat kayu manis dapat membantu mencegah penyakit-penyakit tersebut karena kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis. 

Selain kandungan antioksidan, kandungan lain pada kayu manis dipercaya dapat menghambat penumpukan protein di otak yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer. 

Demikian sejumlah manfaat kayu manis untuk kesehatan yang luar biasa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×