kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.469   31,00   0,20%
  • IDX 7.723   -12,11   -0,16%
  • KOMPAS100 1.200   -1,91   -0,16%
  • LQ45 958   -0,97   -0,10%
  • ISSI 232   -0,58   -0,25%
  • IDX30 492   -0,52   -0,10%
  • IDXHIDIV20 591   0,04   0,01%
  • IDX80 137   -0,18   -0,13%
  • IDXV30 142   -0,21   -0,15%
  • IDXQ30 164   -0,28   -0,17%

7 Obat Rematik Herbal Ampuh yang Bisa Dicoba di Rumah


Kamis, 21 September 2023 / 16:10 WIB
7 Obat Rematik Herbal Ampuh yang Bisa Dicoba di Rumah
ILUSTRASI. Obat Herbal Rematik.


Penulis: Virdita Ratriani

Obat Rematik - Obat rematik umumnya hanya mengurangi gejala dan belum bisa menyembuhkan rematik secara tuntas. Obat rematik herbal dapat digunakan sebagai obat penunjang obat moderen atau dari dokter. 

Obat rematik herbal umumnya cukup aman digunakan. Meski demikian, penderita gastritis kadang mengalami keluhan berupa nyeri lambung, terutama ramuan yang mengandung jahe. 

Jahe biasanya memang digunakan sebagai salah satu obat herbal rematik sebab sifat anti-inflamasinya dapat mensintesis prostaglandin, hormon yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. 

Selain itu, apa saja obat rematik herbal yang ampuh? 

Baca Juga: Penyakit Rematik: Gejala, Penyebab, dan Pantangan Rematik yang Harus Dihindari

Obat rematik herbal ampuh

Obat Rematik Herbal Paling Ampuh

Dirangkum dari laman Healthline dan Everyday Health, berikut sejumlah obat rematik herbal ampuh yang dapat dikonsumsi:

1. Jahe

Jahe adalah salah satu obat rematik herbal yang bisa dicoba. Jahe digunakan dalam pengobatan dan masakan Asia selama berabad-abad. 

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, termasuk kemampuan untuk menekan molekul inflamasi yang disebut leukotrien dan untuk mensintesis prostaglandin. 

Prostaglandin adalah zat mirip hormon yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis

Sebuah studi pada Mei 2019 di jurnal Gene, 70 pasien penderita rheumatoid arthritis mengonsumsi 1.500 miligram (mg) bubuk jahe atau plasebo selama 12 minggu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jahe dapat memperbaiki gejala rematik dengan mempengaruhi ekspresi gen tertentu.

Cara menggunakan jahe untuk menu harian cukup mudah yakni cobalah menumis hidangan ayam atau sayuran dengan jahe segar cincang, konsumsi acar jahe segar, atau tambahkan parutan jahe ke dalam sup atau smoothie.

Baca Juga: 5 Gejala Rematik yang Perlu Diwaspadai dan Berbahaya Bagi Kesehatan

2. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat rematik herbal. Kunyit biasa digunakan untuk memberikan warna kuning dan aroma tertentu pada makanan. 

Kunyit juga telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan Tiongkok, termasuk radang sendi dan gangguan muskuloskeletal. 

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, kunyit memiliki efek analgesik, menurut penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2016 di Journal of Medicinal Food.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat herbal rematik cukup mudah yakni tambahkan ke dalam sup, semur, dan hidangan kari. 

Selain itu, menurut studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, kunyit dapat dicampur dengan lada hitam agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Namun, kunyit memiliki sifat pengencer darah. Sehingga, sebaiknya hindari mengonsumsi kunyit dalam dosis besar jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Salam, Bisa Turunkan Gula darah, Kolesterol dan Trigliserida

3. Kayu manis 

Kayu manis ternyata juga termasuk dalam obat rematik alami paling ampuh. Kayu manis memiliki sifat antioksidan kuat yang membantu menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Selain itu, kayu manis juga membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, dan melindungi fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Studi pada 2018 di Journal of American College of Nutrition menemukan wanita penderita rheumatoid arthritis mengonsumsi empat kapsul 500 mg bubuk kayu manis setiap hari selama delapan minggu, mengalami penurunan kadar C- dalam darah secara signifikan.

Selain itu, mereka juga mengalami penurunan protein reaktif (penanda peradangan), serta berkurangnya gejala rematik seperti nyeri dan bengkak.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Apa Saja?

4. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu meringankan nyeri rematik dan sebagai obat herbal rematik. Bawang putih mengandung diallyl disulfide, senyawa antiinflamasi yang menurunkan efek sitokin proinflamasi. 

Penelitian eksperimental yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Pathology, Toxicology, and Oncology menemukan bahwa pemberian bawang putih memiliki aktivitas anti-rematik, mencegah kerusakan tulang rawan dan mengurangi peradangan pada tikus yang disebabkan arthritis.

5. Lada hitam

Lada hitam ternyata juga bisa digunakan sebagai obat rematik herbal karena kandungan piperinnya. Piperin adalah senyawa aktif yang memiliki efek antioksidan, antimikroba, dan anti-inflamasi. 

Penelitian dalam jurnal Arthritis Research & Therapy, menemukan bahwa pemberian piperin meredakan peradangan, nyeri, dan gejala radang sendi lainnya pada hewan.

Baca Juga: Banyak Khasiatnya, Cek 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

6. Teh hijau

Teh hijau juga bisa digunakan sebagai obat herbal rematik. 

Teh hijau mengandung polifenol, yaitu zat kaya antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi persendian, dan memicu perubahan respons imun yang akan meringankan keparahan arthritis. 

Studi dalam International Journal of Rheumatic Diseases membandingkan efek teh hijau dan teh hitam pada arthritis dan menemukan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek anti-inflamasi yang unggul.

7. Lidah buaya

Lidah buaya juga mampu mengatasi nyeri sendi karena rematik. Lidah buaya sebagai obat rematik alami lantaran sifat anti inflamasinya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yakni tinggal oleskan gel lidah buaya secara langsung ke kulit.

Demikian sejumlah obat rematik herbal ampuh yang dapat digunakan di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×