kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Nutrisinya


Jumat, 22 September 2023 / 13:49 WIB
9 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan yang Menakjubkan dan Kandungan Nutrisinya
ILUSTRASI. Manfaat kangkung untuk kesehatan dapat mendukung pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Kangkung - Kangkung telah lama menjadi pilihan favorit sebagai sayuran hijau yang tidak hanya lezat, namun juga kaya akan nutrisi. Selain rasanya yang segar dan renyah, ada sejumlah manfaat kangkung untuk kesehatan.

Kangkung mengandung vitamin dan mineral esensial seperti vitamin A, C, K, E, dan folat. Kangkung juga mengandung zat besi, kalsium, dan magnesium yang penting untuk kesehatan darah, tulang, dan otot. 

Untuk itu, manfaat kangkung untuk kesehatan dapat mendukung pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. 

Selain itu, apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan?

Baca Juga: Ini 10 Makanan untuk Mengatasi Mudah Ngantuk, Perbaiki Metabolisme

Manfaat kangkung untuk kesehatan 

Manfaat Kangkung

Dirangkum dari laman Gramedia dan buku "Kangkung: Budidaya, Manfaat, dan Resep", berikut sejumlah manfaat kangkung untuk kesehatan:

1. Mencegah anemia

Manfaat kangkung yang pertama yakni dapat mencegah anemia. Anemia adalah salah satu jenis penyakit kekurangan sel darah merah. 

Oleh karena itu, kangkung dapat dijadikan solusi dalam mencegah adanya anemia tersebut. Pasalnya, kandungan fosfor dan zat besi pada kangkung dapat membantu dalam mencegah anemia. 

Kedua kandungan berperan dalam memberikan asupan oksigen dan zat gizi yang optimal bagi organ dan juga sel di dalam tubuh. Zat besi ini akan merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh tersebut.

Baca Juga: Catat Kolesterol Normal Perempuan & Laki-Laki serta Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Mengatasi penyakit kuning

Manfaat kangkung juga bisa membantu mengatasi penyakit kuning. Kangkung dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan ayurvedic pada penyakit kuning dan masalah hati. 

Manfaat kangkung untuk kesehatan di dalam tubuh dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati yang disebabkan oleh beberapa bahan kimia, seperti modulasi enzim detoksifikasi, antioksidan dan sifat pemicu radikal bebas.

3. Mencegah dehidrasi

Tingginya kandungan mineral pada kangkung dapat mencegah dehidrasi di dalam tubuh. 

Hal ini karena adanya natrium dan kalium di dalam kangkung yang dapat menjaga keseimbangan cairan dan juga kadar elektrolit di dalam tubuh. 

Oleh karena itu, kangkung dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya dehidrasi pada tubuh.

Baca Juga: 10 Tips Ampuh Menurunkan Tensi Tinggi Buat Penderita Hipertensi, Coba Terapkan

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat kangkung selanjutnya untuk kesehatan di dalam tubuh, yaitu dapat menurunkan penyakit kolesterol. Kangkung dapat dijadikan pilihan untuk membantu dalam menurunkan kolesterol hingga berat badan secara alami.

Hal ini telah dibuktikan pada suatu studi penelitian bahwa kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh secara alami.

5. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat kangkung juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kangkung mengandung serat dan kaya akan vitamin C. 

Vitamin C memegang peranan yang penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan di dalam tubuh. 

Jika dapat mengkonsumsi kangkung maka kebutuhan vitamin pada sistem kekebalan tubuh dapat dirasakan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit infeksi virus.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat kangkung untuk kesehatan di dalam tubuh berikutnya yakni dapat melancarkan sistem pencernaan atau mengatasi sembelit. 

Hal ini dikarenakan kandungan serat pada kangkung yang cukup tinggi. Dengan demikian kangkung dapat membantu melancarkan proses pada sistem pencernaan secara alami. 

Baca Juga: Tanpa Minum Obat! Cara Alami Ini Bikin Rontok Kolesterol dan Gula Darah Tinggi

7. Mencegah sariawan

Manfaat kangkung juga bisa mencegah sariawan karena mengandung vitamin C. Vitamin C pada kangkung dapat dimanfaatkan dalam mencegah penyakit sariawan hingga gusi berdarah di dalam mulut. 

Selain itu, kangkung juga mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman di dalam mulut. Konsumsilah kangkung sebagai pilihan menu sehari-hari jika ingin terhindar dari penyakit sariawan.

8. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kangkung juga dipercaya dapat mengurangi kolesterol di dalam tubuh secara alami. 

Kandungan antioksidan pada kangkung, seperti vitamin A dan C dianggap efektif dalam mencegah kolesterol teroksidasi dan pembuluh darah sehingga menjaga aliran darah yang sehat pada jantung.

Baca Juga: 10 Tips Ampuh Menurunkan Tensi Tinggi Buat Penderita Hipertensi, Coba Terapkan

9. Menjaga kesehatan mata

Manfaat kangkung lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A, lutein yang tinggi, dan karotenoid mampu dalam melindungi kornea dan lapisan mata dari adanya bakteri dan virus. 

Selain itu, kangkung juga dapat meningkatkan kadar glutathione yang berperan dalam mencegah katarak hingga meningkatkan produksi pada cairan agar mata tidak kering.

Demikian sejumlah manfaat kangkung untuk kesehatan yang menakjubkan dan kandungan nutrisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×