kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 10 Makanan untuk Mengatasi Mudah Ngantuk, Perbaiki Metabolisme


Jumat, 22 September 2023 / 09:18 WIB
Ini 10 Makanan untuk Mengatasi Mudah Ngantuk, Perbaiki Metabolisme
ILUSTRASI. Ini 10 Daftar Makanan Agar Tidak Mudah Ngantuk Sekaligus Perbaiki Metabolisme


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali daftar makanan untuk mengatasi mudah ngantuk yang praktis dikonsumsi. Seseorang bisa saja mudah mengantuk karena adanya perubahan metabolisme tubuh.

Rasa kantuk merupakan sinyal tubuh untuk beristirahat dan melakukan aktivitas tidur baik siang maupun malam.

Ada beberapa faktor tubuh mudah mengantuk yang timbul karena beberapa peningkatan zat termasuk insulin.

Selain insulin, ada beberapa zat dan faktor yang dapat menyebabkan rasa ngantuk atau mengantuk.

Baca Juga: Daftar Kombinasi Makanan Ini Efektif Menurunkan Berat Badan Berlebih, Cek Apa Saja

Menghilangkan ngantuk

Nah, Anda bisa Beberapa di antaranya termasuk:

  • Melatonin: Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal dalam otak dan mengatur siklus tidur dan bangun. Suplemen melatonin dapat menyebabkan rasa mengantuk.
  • Serotonin: Serotonin adalah neurotransmitter yang juga mempengaruhi mood dan kualitas tidur. Tingkat serotonin yang tinggi dapat membuat seseorang merasa mengantuk.
  • Histamin: Histamin adalah neurotransmitter yang terkait dengan reaksi alergi. Beberapa antihistamin yang digunakan untuk mengatasi alergi dapat menyebabkan efek mengantuk.
  • Alkohol: Konsumsi alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk karena dapat mempengaruhi sistem saraf pusat.

Nah, Anda bisa mengatasi rasa kantuk dengan konsumsi makanan yang diklaim bisa memperbaiki metabolisme.

Simak daftar makanan untuk mengatasi mudah ngantuk di siang hari dilansir dari Health Sleep.

Baca Juga: Ini 7 Makanan untuk Meredakan Pegal setelah Berolahraga, Ada Buah hingga Sayuran

Makanan agat tidak mengantuk

1. Alpukat

Buah Alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mengandung nutrisi seperti vitamin B, potasium, dan serat, serta dipandang sebagai makanan super. Apa yang membuat alpukat menjadi buah yang unik adalah alpukat mengandung lemak yang terbukti memberi Anda energi.

Tidak seperti lemak jenuh, lemak sehat mengandung protein penting dan berperan dalam membantu melawan rasa lelah. Lemak sehat juga berfungsi membantu tubuh memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah dan membantu mencegah penurunan gula.

2. Coklat Hitam

Anda mungkin terkejut melihat coklat hitam di daftar kami; Namun, ini adalah salah satu sumber antioksidan terbaik dan meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan aliran darah membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan.

Cokelat hitam juga mengandung sedikit kafein yang jauh lebih rendah dibandingkan jumlah kafein yang didapatkan dari kopi. Konsumsi sedikit kafein memungkinkan tingkat energi Anda meningkat secara stabil, dan mencegah Anda merasa gelisah atau putus asa.

Namun ingat, sebaiknya konsumsi dark chocolate dalam jumlah sedang karena terlalu banyak dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat.

3. Gandum

Memulai pagi dengan oatmeal adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kewaspadaan Anda. Biji-bijian utuh, seperti oatmeal, dicerna dengan lambat dan memberikan pasokan energi yang stabil.

Oat adalah karbohidrat rendah glisemik dan mengandung nutrisi seperti niasin, thiamin, dan folat, yang bekerja sama untuk membantu tubuh untuk memetabolisme energi.

Selain itu, oatmeal cepat dan mudah disiapkan, menjadikannya sarapan pilihan saat Anda sedang terburu-buru.

4. Kacang almond

Almond adalah salah satu camilan paling nyaman untuk melawan rasa lelah karena kaya akan magnesium. Magnesium membantu arteri rileks dan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Kelelahan umumnya dikaitkan dengan sirkulasi yang buruk, sehingga tambahan magnesium dapat membuat Anda merasa berenergi. Selain itu, kacang almond mengandung protein tingkat tinggi untuk menghilangkan rasa kantuk di siang hari.

5. Sayuran Berdaun Gelap

Zat besi merupakan nutrisi penting bagi tubuh Anda, terutama jika Anda ingin tetap fokus. Pola makan yang kekurangan zat besi umumnya dikaitkan dengan kelelahan dan kantuk sebagai akibatnya.

Untungnya, sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung kaya akan zat besi dan mengandung protein yang mengenyangkan untuk mengisi ulang energi tubuh Anda.

Selain itu, zat besi meningkatkan sirkulasi sel darah merah, membantu Anda merasa lebih waspada dan meningkatkan tingkat konsentrasi.

6. Ikan Berlemak

Ikan berlemak merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung vitamin B untuk membantu melawan rasa kantuk secara alami. Ikan air dingin seperti salmon, tuna, dan sarden juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi.

Omega-3 tidak hanya berfungsi meningkatkan fungsi otak tetapi juga mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Karena peradangan dikaitkan dengan kelelahan , makan ikan bisa sangat bermanfaat untuk mengendurkan otot dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan.

7. Buah beri

Buah beri, termasuk blueberry, raspberry, dan blackberry, adalah camilan sempurna untuk membantu bertenaga sepanjang hari. Belum lagi, rasa manis alaminya bahkan dapat membantu mengekang keinginan akan gula.

Buah ini mengandung antioksidan kuat, karbohidrat penambah energi, folat, potasium, magnesium, dan serat.

Penelitian menunjukkan nutrisi ini membantu tubuh dan pikiran pulih dari stres. Kecemasan dan stres dapat menyebabkan kelelahan, jadi mengunyah buah beri dapat membantu menenangkan pikiran.

8. Pisang

Pisang adalah pilihan yang bagus untuk membuat Anda tetap berenergi, terutama jika mencari camilan sebelum berolahraga. Meskipun pisang mengandung tiga jenis gula berbeda, fruktosa, glukosa, dan sukrosa, pisang menyerap ke dalam darah dengan kecepatan berbeda.

Hasilnya, Anda mendapatkan peningkatan energi dengan cepat tanpa mengalami penurunan segera setelahnya. Sukrosa dalam pisang membantu menjaga kadar glukosa tetap stabil.

Sehingga Anda bisa menikmati buah manis nikmat ini dan terhindar dari lonjakan gula darah.

9. Daging Putih Tanpa Lemak

Konsumsi daging putih tanpa lemak dapat membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak orexin, hormon yang bertanggung jawab untuk membuat tetap terjaga, agar Anda tetap waspada.

Makanan berbasis protein seperti ayam atau kalkun menawarkan pelepasan energi secara perlahan dan mengisi ulang tubuh. Beberapa daging putih tanpa lemak seperti kalkun terkenal dapat membuat Anda merasa sedikit mengantuk.

Ini karena makanan ini mengandung triptofan, protein yang membantu tidur. Namun, makan kalkun dalam jumlah kecil tidak masalah dan mungkin memberi Anda bahan bakar yang Anda butuhkan untuk melewati sore yang panjang.

10. Beras Merah

Beras merah adalah makanan yang sangat bergizi. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi ini lebih sedikit diproses dan lebih banyak mengandung nilai gizi dari serat, vitamin, dan mineral.

Ini adalah makanan yang baik untuk dimakan ketika Anda merasa mengantuk atau lesu karena tubuh menyerap karbohidrat kompleks lebih lambat dibandingkan gula sederhana dan olahan seperti roti putih atau pasta.

Karena proses pencernaan lebih lambat, hal ini memungkinkan tubuh menerima energi untuk waktu yang lebih lama.

Itulah sederet makanan yang berguna untuk mengatasi mudah ngantuk di siang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×