kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Lambung Ogah Kumat


Kamis, 14 September 2023 / 06:55 WIB
9 Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Lambung Ogah Kumat


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Mulas, nyeri dada, bersendawa, hingga batuk, merupakan bagian dari gambaran bagi mereka yang mengalami asam lambung atau GERD. Faktanya, 20 persen orang dewasa memiliki asam lambung kronis, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (atau GERD). 

Melansir aarp.org, GERD merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh aliran isi dari lambung ke atas ke kerongkongan.

Sementara antasida dan obat bebas lainnya dapat menjinakkan asam lambung, perubahan pola makan akan membantu mengendalikan gejala dan memberikan kelegaan manis dari sensasi terbakar itu. 

"Namun perlu diingat, setiap orang berbeda," kata Julie Stefanski, ahli gizi diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics. 

Itu sebabnya, dokter atau ahli diet terdaftar dapat membantu mengidentifikasi makanan dan minuman apa yang mungkin menjadi pemicu GERD yang dialami seseorang.

Sementara itu, berikut adalah sembilan makanan dan minuman yang dapat membantu Anda menjinakkan asam lambung atau GERD.

1. Pisang

Buah rendah asam ini dapat membantu menetralkan asam lambung dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Dan tidak hanya bersifat basa, pisang juga kaya akan pektin, serat larut yang membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. 

Ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung tidak makan berlebihan. Makanan alkali lainnya termasuk melon (terutama melon dan melon), kembang kol dan almond.

2. Salad hijau

Makan makanan yang mengandung air – seledri, mentimun dan semangka adalah pilihan lain – membantu mengencerkan asam lambung. 

Faktanya, sebuah penelitian kecil di tahun 201-7, yang diterbitkan dalam JAMA Otalaryngology – Bedah Kepala & Leher, menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti diet Mediterania nabati yang berat dalam produk semacam itu melaporkan gejala refluks asam yang lebih jarang. 

Tahan saja keinginan untuk menambahkan dressing tinggi lemak, vinaigrette asam atau topping seperti bawang, yang dapat memicu GERD, catat Stefanaski.

Baca Juga: Tak Hanya Kunyit, Ini Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Asam Lambung




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×