kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Jenis Makanan Penambah Nafsu Makan yang Bisa Dicoba di Rumah


Rabu, 06 Desember 2023 / 15:13 WIB
9 Jenis Makanan Penambah Nafsu Makan yang Bisa Dicoba di Rumah
ILUSTRASI. Pare adalah salah satu makanan penambah nafsu makan.


Penulis: Virdita Ratriani

Makanan Penambah Nafsu Makan - Ada beragam makanan penambah nafsu makan yang bisa dikonsumsi dengan bahan alami. Sehingga, Anda tak perlu menggunakan suplemen vitamin maupun obat-obatan untuk menambah nafsu makan.

Bagi beberapa orang, nafsu makan terkadang menurun drastis saat sedang dalam masa pengobatan atau terapi penyembuhan penyakit. 

Selain orang dewasa, anak-anak juga seringkali kehilangan nafsu makannya. Hal ini tentunya mengkhawatirkan para orang tua. Untuk itu, ada banyak makanan yang bikin nafsu makan orang meningkat. 

Mengutip Canuvo, salah satu terapi penambah nafsu makan yang cukup terkenal di dunia adalah metode pengobatan Ayurveda. 

Dalam pendekatan Ayurveda, diyakini bahwa semua indera perlu dirangsang untuk meningkatkan nafsu makan lewat hidung, pengecap, dan penglihatan. 

Kemudian warna, tekstur, dan aroma masing-masing makanan juga dipercaya bisa berefek pada keinginan untuk makan. Lalu, apa saja makanan penambah nafsu makan yang bisa dikonsumsi? 

Baca Juga: Wajib bagi Anda yang Obesitas, 6 Cara Menurunkan Berat Badan

Daftar penambah nafsu makan

Alpukat adalah salah satu makanan penambah nafsu makan

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bikin nafsu makan naik:

1. Alpukat 

Aplpukat adalah buah penambah nafsu makan yang cukup populer. Buah ini sangat penting sebagai antioksidan dan kaya serat. 

Alpukat mengandung vitamin E alami yang dikenal untuk melawan estrogen jahat dan menyeimbangkan kolesterol, serta memenuhi kebutuhan lemak baik yang dibutuhkan tubuh. 

Jika kita tidak mengonsumsi cukup lemak baik maka metabolisme tubuh akan terganggu dan kita kehilangan energi.

Lemak baik juga bisa dipakai sebagai penambah nafsu makan karena memiliki tekstur yang enak dan halus serta mudah dikonsumsi. Alpukat biasanya tersedia sepanjang tahun. Meskipun harganya mahal, namun memang sepadan dengan manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Wajah Tembem Karena Lemak? Ini 8 Tips Menghilangkan Lemak Membandel di Wajah

2. Lidah buaya 

Lidah buaya biasanya tidak dianggap sebagai makanan tetapi sebenarnya bisa dikonsumsi meskipun rasanya pahit.

Memasukkan lidah buaya ke dalam jus alpukat akan membantu menyembuhkan jaringan yang rusak dan melawan infeksi virus. 

Lidah buaya segar mengandung lebih dari 200 nutrisi sehingga menambahkannya ke dalam makanan Anda akan membantu orang yang sedang sakit bisa sembuh dengan cepat.

3. Pisang 

Buah penambah nafsu makan kedua adalah pisang. Buah ini bisa menghidrasi dan menawarkan elektrolit yang membantu menjaga kesehatan dan energi dalam tubuh.

Pisang secara alami manis tetapi seimbang bila dikonsumsi dengan sayuran berdaun gelap yang kaya nutrisi. Pisang akan membantu sayuran pahit terasa lebih enak dan tubuh akan mendapatkan rangsangan nafsu makan yang dibutuhkan.

Baca Juga: 9 Tanaman Herbal untuk Atasi Asam Urat, Cek Juga Cara Membuat Ramuannya

4. Ubi jalar dan wortel 

Baik ubi jalar maupun wortel juga merupakan makanan antioksidan penting yang akan merangsang nafsu makan sekaligus menghasilkan beta-karotenoid. 

Beta-karotenoid adalah senyawa vitamin A yang berguna membangun jaringan sel dan berkontribusi terhadap kesehatan mata dan saluran pencernaan.

5. Selai kacang segar

Selai kacang segar tanpa bahan pengawet, akan meningkatkan asupan lemak dan protein sekaligus memberikan rasa lembut pada masakan. 

Kacang-kacangan juga sangat penting untuk memberi energi dan membangun jaringan untuk membantu mereka yang sakit bisa cepat pulih.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

6. Biji-bijian bebas gluten

Makanan yang bikin nafsu makan meningkat salah satunya adalah biji-bijian yang bebas gluten. Kacang seperti soba, quinoa, dan gandum utuh juga sudah lama dipakai untuk merangsang nafsu makan.

7. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti brokoli, kubis, kembang kol, bayam, hingga kangkung sudah lama dipergunakan sebagai penambah nafsu makan dalam dunia medis.

Sayuran jenis ini adalah bagian penting dari kelompok makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh.

Sayur seperti brokoli tinggi antioksidan, dan memiliki komponen antivirus dan antikanker.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

8. Zaitun 

Minyak zaitun maupun buahnya juga merupakan makanan pahit penting yang mengandung asam lemak khusus untuk menyembuhkan tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme. 

Cobalah untuk mendapatkan buah zaitun dan minyak zaitun dari sumber organik yang diproses seminimal mungkin sebagai makanan yang bikin nafsu makan.

9. Zat pahit 

Makanan penambah nafsu makan terakhir adalah buah yang memiliki rasa sedikit pahit dan asam seperti jus lemon, cuka, asinan kubis, anggur, dan sebagainya.

Buah maupun sayuran yang agak pahit seperti pare akan merangsang aliran cairan lambung dan air liur untuk memicu rasa lapar. Anda bisa membuat salad hanya dengan jus lemon dan minyak zaitun untuk penambah nafsu makan.

Demikian daftar sejumlah makanan penambah nafsu makan yang bisa Anda coba di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×