kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Cara Cepat Tidur Nyenyak untuk Menghindari Kebiasaan Begadang


Sabtu, 04 November 2023 / 04:05 WIB
9 Cara Cepat Tidur Nyenyak untuk Menghindari Kebiasaan Begadang
ILUSTRASI. 9 Cara Cepat Tidur Nyenyak untuk Menghindari Kebiasaan Begadang


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara agar tidur dengan cepat hingga nyenyak. Kini tidur dengan nyenyak serta nyaman menjadi salah satu bagian penting untuk menjaga kesehatan.

Tidur dengan cepat atau tidur nyenyak menjadi tujuan yang diinginkan oleh banyak orang agar tidak larut malam. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental yang berpengaruh ke kehidupan sehari-hari.

Durasi tidur yang dibutuhkan oleh setiap individu bisa bervariasi tergantung pada usia, gaya hidup, genetika, dan faktor-faktor lainnya. Namun, ada pedoman umum yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan.

Cleveland clinic ungkap ada batasan waktu yang dibutuhkan oleh seseorang untuk bersiap hingga terlelap yakni 10 hingga 20 menit. Namun, apabila seseorang bisa tidur dalam jangka waktu 45 menit masih dikatakan normal.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi Secara Alami yang Ampuh Dijadikan Alternatif

Cara mudah tidur cepat tanpa begadang

Tidur tidak nyenyak

Apabila tubuh tidak cukup tidur pada suatu malam, kecenderungan alami adalah mencoba menutupi kekurangan itu keesokan harinya.

Rekomendasi untuk tidur adalah 7-8 jam, dengan catatan bisa berbeda bagi setiap orang dan kelompok usia. Nah,  gambaran umum tentang berapa lama tidur yang seharusnya dapatkan sesuai kondisi kesehatan.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap individu mungkin memiliki kebutuhan tidur yang berbeda.

Beberapa orang bisa merasa segar dan bugar setelah tidur 7 jam, sementara yang lain mungkin membutuhkan 9 jam untuk merasa optimal.

Intip beberapa tips yang dapat membantu tubuh bisa tidur dengan cepat dilansir dari Cleveland.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Air Kelapa Bisa Menurunkan Gula Darah Tinggi

1. Batasi penggunaan HP

Laptop, tablet, TV, HP semuanya adalah layar, dan menghabiskan waktu di sana dapat mempengaruhi tidur. Namun untuk orang dewasa, apa yang ditonton (atau lakukan) di layar tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur. 

Menjauhkan perangkat satu atau dua jam sebelum tidur dapat membantu mulai beristirahat dengan tenang. Namun, saat tenggelam dalam pengguliran larut malam, berhati-hatilah dengan apa yang dilakukan.

2. Buat rutinitas Tidur

Salah satu cara tidur cepat adalah dengan disiplin untuk membuat jadwal rutinitas tidur dengan baik. Anda bisa mencoba untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan saat akhir pekan. Ini membantu mengatur jam biologis tubuh.

3. Buat lingkungan nyaman

Nah, pastikan Anda menyiapkan Pastikan kamar tidur Anda gelap, tenang, dan cukup dingin. Gunakan bantal dan kasur yang nyaman.

4. Kurangi kafein

Makanan berat dan minuman kafein dapat mengganggu tidur. Pastikan agar tidur dengan cepat, upayakan untuk menghindari konsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur.

5. Relaksasi sebelum tidur

Nah, Anda bisa mencoba untuk membaca atau mendengarkan musik yang cocok sebagai pengantar tidur. Cobalah melakukan aktivitas relaksasi yang bisa membantu tubuh bersiap-siap untuk tidur.

6. Latihan fisik teratur

Saat tubuh tidak melakukan aktivitas olahraga, tubuh dari otot tidak akan menyerap nutrisi dengan baik. Latihan fisik dapat membantu tidur lebih baik, tetapi hindari berolahraga berat dalam beberapa jam sebelum tidur.

7. Mandi air hangat

Sementara itu, ada cara lain dengan melakukan rutinitas dengan mandi air hangat. Nah, mandi dengan teratur sebelum tidur bisa membantu merilekskan tubuh dan mengurangi stres.

8. Gunakan teknik bernapas dan relaksasi

Teknik pernapasan dalam dan latihan relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Anda bisa mencoba dengan menghitung mundur angka hingga Anda bisa secara tidak sadar untuk tidur.

9. Hindari stres dan kecemasan

Cobalah untuk mengatasi stres dan kecemasan sebelum tidur dengan cara seperti menulis jurnal atau berbicara dengan seseorang.

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, dan mungkin diperlukan beberapa tahapan untuk menemukan mencari cara paling efektif.

Saat Anda terus memiliki masalah tidur, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa informasi terkait cara agar tidur dengan cepat dan nyenyak sehingga tidak ada gejala insomnia.

Selanjutnya: Capex Jumbo Demi Genjot Teknologi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×