kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Jitu Tidur Cepat dan Dampak Buruk Sering Begadang yang Wajib Dihindari


Kamis, 26 Oktober 2023 / 16:26 WIB
Cara Jitu Tidur Cepat dan Dampak Buruk Sering Begadang yang Wajib Dihindari
ILUSTRASI. Cara Jitu Tidur Cepat dan Dampak Buruk Sering Begadang yang Wajib Dihindari.


Penulis: Tiyas Septiana

Cara Jitu Tidur Cepat  Kebiasaan tidur larut malam atau begadang dapat menimbulkan gangguan kesehatan jika sering dilakukan.  

Menurut dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dr. Hanifiya Samha Wardhani, tidur larut malam dapat mengakibatkan gangguan metabolisme dan menaikan berat badan.

Begadang juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, penurunan sistem kekebalan tubuh, risiko masalah peredaran darah dan jantung, serta masalah seksual, kulit, memory, dan keseimbangan hormon tubuh.

Mengingat dampak buruk dari begadang cukup serius, sebaiknya Anda usahakan agar tidak membiasakan tidur laurt malam. Berikut ini beberapa tips agar bisa tidur cepat dari dr. Wardhani, dirangkum dari situs Unesa.

Baca Juga: Penyebab Kaki Sering Kram saat Tidur Malam dan Cara Jitu Mengatasinya

Jangan bermain gadget sebelum tidur

Berbagai fitur aplikasi chatting atau rills media sosial yang 'menggiurkan' semakin membuat gawai tidak dipisahkan dari penggunaannya. 

Mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur bahkan tidur sambil bermain gawai (gadget) menjadi rutinitas.

Kebiasaan itu, membahayakan kesehatan, termasuk kesehatan mata, imbas pengaruh radiasi layar.

Selain itu, kebiasaan bermain gadget juga berdampak pada kualitas tidur atau membuat seseorang sulit tidur. 

Oleh sebab itu sebaiknya penggunaan piranti elektronik seperti gawai dibatasi. Paling tidak, berhenti 'bergawai' sekitar 1,5 jam hingga 2 jam sebelum waktu tidur.

"Apabila terbangun tengah malam, hindari menyalakan ponsel. Sebab, cahaya dari ponsel dapat mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon melatonin yang membuat tidur jadi terganggu," ucapnya.

Kurangi lemak dan kafein

Susah tidur, juga dipengaruhi pola makan. Beberapa makanan yang bisa membuat seseorang tidak bisa tidur cepat yaitu mengkonsumsi makanan berlemak tinggi sebelum tidur. 
Makanan berlemak membuat tubuh bekerja lebih keras dan bikin susah tidur.Selain itu, mengkonsumsi makanan-minuman yang mengandung kafein sebelum tidur juga menyebabkan susah tidur. 

Menurut Wardhani, kafein seperti dari kopi memang bagus dikonsumsi, tetapi agar tidak mengganggu waktu tidur, sebaiknya diatur jadwalnya, jangan sampai jelang atau dekat dengan waktu tidur.

Mengonsumsi karbohidrat secukupnya

Jika Anda sulit tidur, bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secukupnya saja seperti ubi, pisang, nasi merah, apel, mangga dan sebagainya.

Karbohidrat dapat membantu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah merasa kantuk. 

"Ada beberapa literatur ya menyarankan seperti itu. Namun, tampaknya itu masih diperlukan studi lanjut," jelas Wardhani.

Baca Juga: Sering Susah Tidur Malam? Ini Cara-Alami Mengatasi Gangguan Insomnia Tanpa Obat

Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur meningkatkan suhu tubuh dan membuat otot-otot lebih rileks dan bikin cepat tidur. 

Selain itu, juga bisa mengurangi kecemasan dan membersihkan berbagai gangguan pada kulit. Berbagai aspek tersebut, membuat seseorang cepat merasa ngantuk dan tidur lebih nyenyak.

Mengatur jadwal tidur

Waktu tidur dan bangun tidur setiap harinya memiliki dampak pada kualitas tidur seseorang. Seseorang yang jadwal tidur dan bangun tidurnya tidak beraturan, cenderung membuat tidur kurang berkualitas.

Disarankan agar mengatur jadwal tidur sedemikian rupa, serta waktu bangun tidurnya. Sebaiknya, dibiasakan waktu tidur dan bangun setiap harinya sama atau konsisten. 

Dengan demikian tubuh akan memiliki siklus istirahat yang tetap.

Melatih pernapasan

Cara lain agar bisa cepat tidur yaitu berlatih pernapasan. Caranya, mulailah mengambil napas dari hidung selama empat hitungan. 

Kemudian tahan nafas hingga tujuh hitungan. Hembuskan nafas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi hingga empat kali.

Latihan bernapas secara teratur dapat merilekskan dan mempermudah tidur. Terapi gelombang otak atau herbal seperti daun kratom dan susu coklat hangat juga bisa membantu. 

Jika masalah tidur tidak teratasi, pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter atau pengobatan medis. 

Selanjutnya: Kemnaker Pastikan Regulasi Penetapan Upah 2024 Rampung Sebelum 21 November

Menarik Dibaca: Promo Traveloka Travel Fair 2023, Diskon Transportasi Darat hingga Rp 400.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×