kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.514   -14,00   -0,09%
  • IDX 7.761   25,89   0,33%
  • KOMPAS100 1.207   4,86   0,40%
  • LQ45 964   5,17   0,54%
  • ISSI 233   0,32   0,14%
  • IDX30 495   2,78   0,56%
  • IDXHIDIV20 594   3,64   0,62%
  • IDX80 137   0,57   0,42%
  • IDXV30 143   0,37   0,26%
  • IDXQ30 165   0,90   0,55%

8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Mulai dari Kelelahan hingga Nyeri Sendi


Rabu, 11 Oktober 2023 / 09:27 WIB
8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Mulai dari Kelelahan hingga Nyeri Sendi
ILUSTRASI. 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C, Mulai dengan Kelelahan hingga Nyeri Sendi


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak sederet tanda tubuh kekurangan vitamin C yang wajib dikenali. Tubuh membutuhkan berbagai bentuk vitamin dan mineral untuk memperbarui sel hingga kesehatan organ.

Orang yang tidak memiliki cukup vitamin C dalam tubuhnya menderita kekurangan vitamin C bisa timbul dengan gejala tertentu. Tubuh manusia tidak membuat vitamin C secara alami sehingga perlu mendapatkan semua vitamin C yang dibutuhkan dari makanan.

Vitamin C sering dikonsumsi dalam buah-buahan dan sayuran, tetapi banyak juga ditemukan dalam makanan.

Meskipun kebanyakan orang mendapatkan cukup vitamin C dari makanan normalnya, beberapa orang mengalami kekurangan vitamin C.

Baca Juga: Intip 8 Makanan dengan Lemak Tak Jenuh yang Menyehatkan Tubuh

Tanda tubuh kekurangan vitamin C 

Tubuh lelah

Dibutuhkan sekitar dua hingga tiga bulan karena mengonsumsi terlalu sedikit vitamin C hingga menjadi kekurangan.

Apabila Anda menalami gejala kekurangan vitamin C, Anda mungkin memerlukan perawatan dari penyedia layanan kesehatan Anda.

Dokter dapat membantu mengetahui berapa banyak vitamin C yang Anda butuhkan dan apakah memerlukan perawatan lain untuk gejala yang Anda alami.

Nah, ada beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin C yang wajib Anda kenali dilansir dari laman Health.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Tanpa Obat dari Rumah

1. Kehilangan selera makan

Hilangnya nafsu makan adalah salah satu gejala kekurangan vitamin C yang sering muncul, bersamaan dengan perasaan tidak enak badan lainnya, seperti mual dan gejala mirip flu. 

Karena vitamin C diperlukan untuk membantu tubuh Anda menyerap zat besi, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kekurangan zat besi, sehingga berkontribusi terhadap keparahan gejala-gejala ini.

2. Mudah marah

Saat seseorang kekurangan vitamin C bisa menjadi lebih mudah tersinggung dibandingkan sebelumnya. Iritabilitas ini mungkin disebabkan oleh perasaan tidak enak badan secara keseluruhan atau mungkin terjadi akibat gejala lain seperti anemia.

3. Munculnya kulit memar

Orang yang kekurangan vitamin C umumnya akan mengalami berbagai gejala kulit. Hal ini karena vitamin C berperan dalam pembuatan protein bernama kolagen. Tubuh Anda menggunakan kolagen untuk membuat kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

Salah satu gejala utama penyakit kudis pada kulit terjadi ketika pembuluh darah mengeluarkan darah di bawah kulit. Ini bisa terlihat seperti bercak ungu di kulit Anda, yang disebut purpura.

Selain itu, ada juga kondisi kulit dengan ruam dan bintik-bintik kecil seperti darah di bawah kulit (petechiae) dan memar.

5. Penampilan Kuku yang berbeda

Kondisi tubuh kekurangan vitamin C tidak hanya mempengaruhi kulit dan rambut Anda, tetapi kuku. Kuku Anda mungkin tampak berdarah, mirip dengan kulit Anda.

Penampilan kuku akan berubah mungkin juga mengalami kelainan bentuk di mana bagian tengah kuku menjorok ke dalam dan ujung kuku terangkat.

6. Nyeri sendi

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerapuhan kapiler (pembuluh darah), yang berkontribusi terhadap gejala kulit dan rambut yang disebutkan di atas.

Kerapuhan kapiler dapat terjadi pada persendian sehingga menimbulkan nyeri dan bengkak, biasanya pada kaki. Berdiri dalam waktu lama dapat memperburuk pembengkakan kaki akibat tarikan gravitasi.

Selain itu, salah satu peran vitamin C adalah memperbaiki dan memelihara tulang dan tulang rawan.

7. Mudah lelah

Tanda tubuh kekurang vitamin C lainnya bisa timbul dengan gejala mudah lelah. Kelelahan adalah tanda awal kekurangan vitamin C; meskipun demikian, hal ini juga merupakan tanda awal dari berbagai kondisi kesehatan.

Kelelahan akibat kekurangan vitamin C kemungkinan besar juga akan disertai dengan rasa lemas dan nyeri otot.

8. Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan peradangan pada gusi yang disebut dengan gingivitis. Gingivitis dapat menyebabkan gusi Anda berdarah, bengkak, atau tampak merah atau ungu.

Kondisi lain dari kekurangan vitamin C adalah Gusi berdarah adalah salah satu gejala kekurangan vitamin C yang paling umum.

Kekurangan vitamin C tahap akhir bisa mengancam jiwa. Waspadai gejala parah yang dapat meliputi pembengkakan parah, kondisi kulit dan mata menguning, hingga kejang.

Anda bisa konsumsi buah dan makanan mengandung vitamin C dalam porsi normal secara rutin.

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan vitamin C:

  • Jeruk dan Jeruk Nipis: Jeruk, jeruk nipis, lemon, dan grapefruit adalah sumber utama vitamin C. Konsumsi segar atau dalam bentuk jus untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup.
  • Buah Beri: Buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry mengandung tinggi vitamin C. Sajikan sebagai camilan atau tambahkan ke yogurt dan sereal.
  • Kiwi: Kiwi adalah buah yang kaya akan vitamin C. Potong kiwi dan tambahkan ke salad buah atau makan langsung.
  • Paprika: Paprika merah, kuning, dan hijau adalah sumber vitamin C yang baik. Sajikan sebagai lalapan atau tambahkan ke masakan.

Demikian informasi terkait kondisi dan tanda tubuh kekurangan vitamin C yang perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×