8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Jumat, 23 September 2022 | 12:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

ILUSTRASI. Manfaat Sawi Putih


KONTAN.CO.ID - Ada berbagai macam manfaat sawi putih untuk kesehatan salah satunya adalah dapat mencegah osteoporosis. Hal ini karena sawi putih mengandung vitamin K yang bagus untuk tulang. 

Selain itu, kandungan vitamin K yang sangat tinggi juga membuat manfaat sawi putih berguna untuk pembekuan darah, sehingga luka akan cepat mengering. 

Sawi putih termasuk dalam tanaman sayuran cruciferae atau kubis-kubisan dengan daun dan bunga yang berbentuk vas kembang. 

Nah, apa saja manfaat sawi putih untuk kesehatan? 

Baca Juga: Resep Lumpia Sayur Goreng Isi Coleslaw yang Meleleh di Mulut

Manfaat sawi putih untuk kesehatan

Manfaat sawi putih

Dirangkum dari laman Medical News Today dan Universitas Muhammadiyah Surabaya, berikut adalah manfaat sawi putih untuk kesehatan: 

1. Mencegah osteoporosis

Manfaat sayur sawi putih yang pertama adalah sangat bagus untuk pembentukan dan menjaga kualitas tulang sehingga menghambat tulang keropos atau osteoporosis. 

Hal ini lantaran sawi putih memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Kandungan vitamin K ini juga membuat sawi putih sangat berguna untuk pembekuan darah sehingga luka akan cepat mengering. 

Baca Juga: 4 Makanan Ini Bisa Bikin Asam Lambung Kumat Lagi

2. Mencegah penyakit jantung 

Selanjutnya, manfaat sawi putih yakni dapat membantu mencegah penyakit jantung karena mengandung vitamin E, betakaroten, dan vitamin C. 

Ketiga zat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. 

Selain itu, sawi juga memiliki niasin yang berfungsi memperkecil proses asteroskerosis dan akhirnya menurunkan kemungkinan terjadinya serangan jantung. 

3. Menjaga kesehatan mata

Kemudian, manfaat sawi putih adalah membantu menjaga kornea mata agar sehat. Sebab, sawi putih mengandung vitamin A dan alfa-karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. 

Sawi putih juga mengandung antioksidan yang ternyata dapat mampu melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, sawi putih bermanfaat guna mengurangi risiko penyakit mata seperti misal rabun senja hingga katarak. 

Baca Juga: 3 Makanan yang Bikin Asam Lambung Kumat Lagi

4. Mencegah anemia 

Manfaat sawi putih juga diyakini dapat membantu mencegah anemia karena mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. 

Asam folat berfungsi dalam proses sintetis nukleoprotein dan merupakan kunci pembentukan dan produksi butir-butir darah merah normal dalam sumsum tulang. Sementara zat besi berperan dalam meregenerasi hemoglobin. 

5. Menghaluskan kulit 

Manfaat sawi putih juga dapat membantu menghaluskan kulit dengan kandungan vitamin E-nya. Vitamin E pada sawi berfungsi sebagai antioksidan utama di dalam sel. 

The George Mateljan Fundation (2006) menggolongkan sawi dalam kategori excellent, sebagai sumber vitamin E. 

6. Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan zat anti oksidan dan anti inflamasi di dalam sawi putih dapat melindungi tubuh dari segala radikal bebas. Sehingga, manfaat sawi putih bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.  

Baca Juga: Buah serta Sayur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Penderita Asam Lambung

7. Menangkal kanker 

Manfaat sawi putih juga membantu mencegah penyakit kronis, salah satunya adalah kanker. Sebab, sawi putih mengandung Indol dan Isotiosianat yang berfungsi mencegah penyebab kanker.

8. Mencegah penyakit gondok 

Terakhir, manfaat sawi putih juga membantu mencegah penyakit gondok. Hal ini lantaran sawi putih mengandung Goitrogen yang dapat menghambat fungsi kelenjar tiroid yang menjadi penyebab terjadinya penyakit gondok. 

Demikian sejumlah manfaat sawi putih untuk kesehatan yang jarang diketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru