Buah serta Sayur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Penderita Asam Lambung

Jumat, 15 Juli 2022 | 11:20 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Buah serta Sayur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Penderita Asam Lambung

ILUSTRASI. Sayur dan buah yang baik dan buruk untuk penderita asam lambung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam lambung harus selektif mengonsumsi makanan. Ini buah serat sayur yang baik dan buruk untuk kesehatan penderita asam lambung. 

Penyakit asam lambung tinggi umum diderita masyarakat tanah air. Asam lambung tinggi muncul karena pola makan yang buruk. 

Baca Juga: Benarkah Susu dan Yogurt Bisa Memperburuk Asam Lambung?

Contohnya seperti, makanan camilan menjelang tidur malam atau rebahan setelah makan. 

Selain itu, stres, merokok, dan konsumsi alkohol juga bisa memicu asam lambung naik.

Penyakit asam lambung tinggi ditandai dengan sejumlah gejala seperti: 

  • Mual 
  • Muntah 
  • Mulut terasa asam 
  • Dada terasa terbakar
  • Nyeri di ulu hati 

Para ahli kesehatan menyarankan penderita asam lambung tinggi untuk menjalankan diet yang disesuaikan.

Sebab, makanan bisa mempengaruhi kadar asam lambung dalam tubuh. 

Sayur dan buah penurun asam lambung tinggi 

Sayur dan buah baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mengandung serat, vitamin, dan mineral. 

Namun, tidak semua sayur dan buah aman dan baik untuk kesehatan penderita asam lambung. 

Berikut buah dan sayur yang efektif menurunkan asam lambung: 

1. Buah pir  

Mengutip dari Grid.id, kandungan pektin dan serat dalam buah pir berperan untuk mencegah asam lambung naik.  

2. Apel merah  

Apel merah mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang berperan untuk meredakan gejala asam lambung.  

3. Melon  

Mengutip dari Kompas.com, kandungan magnesium dalam melon bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung tinggi.  

4. Pisang  

Selain efektif menurunkan asam lambung tinggi, pisang juga berperan melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya kadar asam lambung.  

5. Lemon  

Lemon baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung tinggi. 

Kandungan senyawa aktif dalam lemon mampu menurunkan asam lambung tinggi. 

6. Brokoli    

Brokoli baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Sebab, brokoli mengandung potasium,kalsium, dan sulfur.  

Asal tahu saja, kandungan sulfur dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan dan melindungi lapisan dalam kulit perut.  

7. Wortel  

Wortel aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.  Melansir dari Tribunnews.com, kandungan vitamin dan mineral dalam wortel tidak memicu naiknya kadar asam lambung.  

8. Kentang  

Sekedar info, makan kentang setiap pagi bermanfaat menetralisir asam dalam perut. 

9. Mentimun 

Mentimun isa menurunkan kadar asam lambung.  Melansir dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5 karya Setiawan Dalimartha, mentimun mengandung banyak vitamin dan mineral.  

Buah mentimun mengandung vitamin B dan C. selain itu mentimun bagian buahnya juga mengandung saponin, isoquercitrin, cucurbaticin, karoten, asam amino, kalisum, fosfor, dan enzim pencernaan.  

Kandungan tersebutlah yang membuat mentimun ampuh menurunkan asam lambung tinggi. 

Sayuran dan buah yang buruk untuk penderita asam lambung

Untuk menjaga asam lambung tetap terkontrol, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis buah dan sayur berikut ini: 

1. Bawang putih dan bombai  

Mengutip dari Mayo Clinic, penderita asam lambung sebaiknya menghindari bawang putih dan bombai.  

Sebab, keduanya merupakan makanan yang mengandung asam, terutama saat masih mentah.  

Bila tetap ingin mengonsumsinya, Anda sebaiknya mengolah bawang putih dan bombai dengan tepat dan saat asam lambung tidak kumat.  

2. Nanas  

Mengutip dari Kompas.com, nanas termasuk dalam golongan buah yang bersifat asam. Skala pH nanas antara 3 sampai 4, artinya buah nanas bersifat sangat asam.   

Namun, sebagian pakar menyatakan nanas memiliki efek alkali, mengandung serat, dan air tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan.    

3. Jeruk nipis  

Penderita asam lambung sebaiknya tidak mengonsumsi air jeruk nipis.  Mengutip dari Tribunnews.com, air jeruk nipis bisa mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga memperburuk kesehatan lambung.   

4. Tomat  

Melansir dari Nakita.grid.id, tomat bisa memproduksi asam lebih banyak di dalam perut dan memicu gangguan kesehatan lambung. Hal ini disebabkan tomat mengandung asam malat dan sitrat.  

5. Sawi  

Sawi merupakan sayuran hijau sumber vitamin K. Mengutip dari Sajian Sedap Grid, sawi tidak baik dikonsumsi penderita asam lambung.  Alasannya, sawi tergolong sayuran yang menghasilkan gas. 

Baca Juga: Cara Terbaik Konsumsi Sereh agar Efektif Meredakan Asam Lambung Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru