kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,35   -2,16   -0.23%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?


Kamis, 14 Desember 2023 / 15:20 WIB
8 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Jahe


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Jahe - Simak berbagai manfaat jahe bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui. Selain itu, manfaat jahe juga telah teruji oleh berbagai uji klinis.

Jahe, atau Zingiber officinale, bukan hanya bumbu dapur yang memberikan cita rasa pedas dan hangat pada masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Sejak zaman dahulu, jahe telah digunakan sebagai obat tradisional dalam berbagai budaya karena kandungan senyawa bioaktifnya yang memiliki efek positif pada tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Pisang Merah Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Merangkum dari Healthline, ini manfaat jahe bagi kesehatan:

1. Antiinflamasi dan Antioksidan

Jahe mengandung zat antiinflamasi dan antioksidan, termasuk gingerol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kronis, seperti arthritis dan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi

2. Meringankan Mual dan Muntah

Jahe telah terbukti efektif dalam meredakan mual dan muntah, terutama pada individu yang mengalami mabuk perjalanan atau efek samping kemoterapi. Senyawa-senyawa dalam jahe dapat merangsang sistem pencernaan dan meredakan ketidaknyamanan perut.

3. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan jahe dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus. Mengonsumsi jahe secara teratur dapat membantu mencegah berbagai penyakit infeksi.

Baca Juga: Ini 8 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Efek antiinflamasi dan antioksidan juga berperan dalam mendukung kesehatan kardiovaskular.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe dapat mempercepat metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Senyawa gingerol dalam jahe dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan pembakaran kalori.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2023-2024 Pekan 23, Ini Prediksi Persija Jakarta vs PSS Sleman

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dalam jahe dapat memiliki efek positif pada fungsi otak. Jahe dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian, serta melindungi otak dari stres oksidatif.

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Jahe telah lama digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan, seperti gas, kembung, dan konstipasi. Senyawa-senyawa dalam jahe dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan mengurangi ketidaknyamanan perut.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024: Pekan 17 Ada Laga Man City vs Crystal Palace

8. Meredakan Nyeri Menstruasi

Beberapa wanita mengalami efek positif dari konsumsi jahe dalam mengurangi nyeri menstruasi. Jahe dapat bekerja sebagai antiinflamasi dan meredakan kontraksi otot.

Meskipun jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan suplemen jahe ke dalam rutinitas harian, terutama bagi individu yang memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Sebaiknya konsumsi jahe dalam jumlah yang moderat dan seimbang untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa efek samping yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×