8 Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan: Mual dan Demam

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
 8 Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Sering Diabaikan: Mual dan Demam


KONTAN.CO.ID - Tipes atau biasa dikenal dengan tifus (demam tifoid) adalah penyakit yang disebabkan karena lingkungan yang tidak higienis. Ciri-ciri tipes paling umum adalah demam.  

Penyebab penyakit ini yakni infeksi bakteri yang disebut Salmonella typhi yang banyak menyebar melalui makanan yang terkontaminasi. Karena itu, ciri-ciri tipes ini memang banyak terjadi di negara-negara berkembang. 

Penyakit ini perlu penanganan cepat, karena bila tidak segera diobati bisa sangat berbahaya. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui ciri-ciri gejala tipes, baik gejala tipes pada orang dewasa maupun gejala tipes pada anak. 

Baca Juga: Kenali Gejala Hipertiroidisme dan Penyebabnya

8 Ciri-ciri tipes yang paling umum

Ciri-ciri tipes adalah demam

Nah, berikut 8 ciri-ciri gejala tipes paling umum ditemui sebagaimana dikutip dari Center of Disease Control and Prevention

1. Demam atau kedinginan

Ciri-ciri tipes yang paling banyak muncul adalah demam dan kedinginan. Selain merasa kedinginan, suhu badan naik setiap hari, bahkan mencapai 39-40 derajat celcius.  

Demam sendiri sebenarnya muncul karena respons sistem imun pada tubuh melawan infeksi. Imun tubuh memproduksi sel darah putih lebih banyak dan dibawa aliran darah menuju hipotalamus sehingga menaikkan suhu tubuh. 

2. Nyeri tubuh dan otot

Ciri-ciri tipes selanjutnya adalah nyeri tubuh dan nyeri otot. Nyeri otot cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Mampu Menurunkan Berat Badan

3. Nafsu makan turun

Berikutnya, ciri-ciri tipes adalah nafsu makan turun. Hal ini juga terjadi karena sistem kekebalan tubuh. Sistem imun merangsang otak melepaskan leptin, zat kimia yang menyebabkan selera makan tubuh.  

4. Mual

Salah satu ciri-ciri tipes adalah mual. Hal ini karena bakteri penyebab tipes menginfeksi lambung dan dinding usus yang memicu sistem imun mengirimkan sinyal ke otak. 

 Otak kemudian akan memicu organ pencairan memproduksi lebih banyak cairan sehingga perut merasa tidak nyaman.

Baca Juga: 4 Tahapan Infeksi HIV menjadi AIDS yang Perlu Diketahui

Ciri-ciri tipes adalah demam

5. Muntah 

Muntah juga menjadi salah satu ciri-ciri atau gejala tipes. Muntah adalah reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan racun dan bakteri dari dalam sistem pencernaan. 

6. Sakit perut

Tipes adalah penyakit infeksi yang menyerang pencernaan, khususnya usus. Maka tidak heran, salah satu ciri-ciri gejala tipes yang umum muncul adalah gangguan pencernaan. 

Sakit perut sudah lama dikenal sebagai gejala tipes. Sakit perut terjadi karena bakteri Salmonella menginfeksi lapisan usus sehingga menyebabkan peradangan.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah Tinggi Tanpa Minum Obat

7. Batuk 

Beberapa orang yang mengalami ciri-ciri tipes seringkali disertai dengan batuk. Biasanya, kondisi ini ditandai dengan gejala batuk-batuk yang parah dan sesak nafas. 

8. Ruam 

Munculnya ruam kulit berupa bintik-bintik kecil berwarna merah muda merupakan salah satu ciri-ciri penyakit tipes. Gejala tipes ini akan muncul setelah 7-14 hari seseorang terpapar bakteri. 

Kemunculan ciri-ciri tipes ini juga bisa datang lebih cepat, yaitu sekitar tiga hari setelah seseorang terpapar bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru