Selain susu, ini 5 makanan yang mengandung vitamin D

Selasa, 05 Oktober 2021 | 13:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain susu, ini 5 makanan yang mengandung vitamin D

ILUSTRASI. Ikan Salmon termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin D.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D. tujuannya supaya sistem imun tubuh tetap kuat, sel dalam tubuh tetap sehat, dan kekuatan tulang terjaga. Tak perlu khawatir, ada banyak makanan yang mengandung vitamin D untuk Anda jadikan pilihan.

Sebenarnya, tubuh Anda memproduksi vitamin D ketika terkenan paparan sinar matahari. Sayangnya, ada banyak orang yang tak bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Maka dari itu, mengatur makanan sehari-hari penting untuk Anda lakukan.

Susu adalah sumber vitamin D yang cukup sering dikonsumsi oleh banyak orang. Anda bisa meminumnya secara langsung atau mencampurnya dengan bahan bergizi yang lain. jangan lupa untuk mengecek kandungan vitamin D dalam produk kemasan susu, ya.

Selain mengonsumsi susu dan makanan-makanan di bawah ini, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen. Namun, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: 6 Bahan alami ini bisa jadi cara untuk menyembuhkan batuk

Ikan Tuna

Melansir Everyday Health (everydayhealth.com), 3 ons ikan tuna mengandung 154 IU vitamin D. Anda bisa mengonsumsi tuna dengan berbagai macam cara, tapi pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Ikan Salmon

Selain ikan tuna, ikan salmon juga termasuk dalam daftar makanan yang mengandung vitamin D. Anda bisa mendapatkan 447 IU vitamin D dengan mengonsumsi 3 ons ikan salmon. Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi ikan salmon juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan protein dan asam lemak omega-3.

Jamur

Salah satu makanan yang mengandung vitamin D adalah jamur.

Mengutip dari Everyday Health, kandungan vitamin D yang terkandung dalam jamur berbeda-beda, tergantung dari jumlah cahaya yang diterima jamur. Umumnya, 100 g jamur mengandung 124-1022 IU vitamin D.

Baca Juga: 6 Makanan untuk penderita tipes, madu sampai pisang

Yogurt

Yogurt termasuk makanan yang mengandung vitamin D.

Selanjutnya, makanan yang mengandung vitamin D adalah yogurt. Mengonsumsi produk olahan susu itu mampu memenuhi kebutuhan vitamin D per hari sebanyak 10% hingga 20%. Jika Anda ingin mengonsumsi yogurt, usahakan untuk tidak memakannya dengan gula berlebih.

Telur

Telur jadi jenis makanan lain yang memiliki banyak vitamin D. Tak hanya mengandung vitamin D, telur juga dipenuhi dengan zinc dan selenium yang baik untuk sistem imun tubuh. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi telur terlalu banyak karena berisiko meningkatkan kolesterol.

Selanjutnya: 5 Makanan penyebab jerawat ini perlu Anda hindari, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru