kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Makanan penyebab jerawat ini perlu Anda hindari, apa saja?


Selasa, 05 Oktober 2021 / 09:09 WIB
5 Makanan penyebab jerawat ini perlu Anda hindari, apa saja?
ILUSTRASI. Ada banyak makanan penyebab jerawat yang sebaiknya Anda hindari.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jerawat bisa muncul karena berbagai macam faktor. Tak hanya kebersihan kulit yang tak terjaga, makanan penyebab jerawat pun bisa menimbulkan masalah kulit. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati terhadap makanan yang Anda konsumsi.

Perlu diingat bahwa makanan tak berhubungan langsung. Makanan-makanan dalam artikel ini hanya jadi faktor pemicu. Jerawat akan benar-benar muncul jika kebersihan kulit tak terjaga, tipe kulit Anda memang mudah berjerawat, dan produksi minyak di kulit yang meningkat.

Apabila jerawat masih muncul meski kebersihan kulit sudah Anda jaga dan beberapa makanan di bawah ini telah Anda hindari, cobalah untuk mengunjungi dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat obat jerawat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Produk Olahan Susu

Produk olahan susu merupakan jenis makanan pertama yang sebaiknya Anda hindari. Jika Anda mendapati kemunculan jerawat setelah mengonsumsi keju, es krim, atau produk olahan susu lainnya, segera hentikan konsumsinya, ya.

Baca Juga: Coba 5 cara menghilangkan jerawat secara alami ini, yuk

Cokelat

Salah satu makanan penyebab jerawat adalah cokelat.

Mengutip dari Skinkraft (skinkraft.com), cokelat termasuk makanan penyebab jerawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat, apalagi yang dicampur dengan susu, berpengaruh pada reaksi sistem imun tubuh. Akibatnya, bakteri penyebab jerawat menjadi lebih mudah menginfeksi kulit.

Gula

Selain produk olahan susu dan cokelat, gula juga jadi hal lain yang sebaiknya Anda hindari. Tubuh menyerap gula dengan cepat dan menjadikannya gula darah. Saat jumlah gula darah meningkat, jerawat menjadi lebih mudah untuk muncul.

Makanan Cepat Saji

Kentang goreng dan makanan cepat saji yang lain termasuk makanan penyebab jerawat.

Siapa yang suka mengonsumsi burger, kentang goreng, dan makanan cepat saji lainnya? Ternyata, burger dan sejenisnya termasuk dalam makanan penyebab jerawat, lo. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hubungan antara kedua hal tersebut.

Baca Juga: 5 Pelembab untuk kulit kering dari bahan alami, mudah dan murah

Makanan Berminyak

Mengutip dari Skinkraft, makanan berminyak bisa meningkatkan risiko kemunculan jerawat. Hal itu disebabkan karena kandungan lemak di makanan berminyak yang cukup tinggi. Selain menyebabkan jerawat, makanan berminyak juga tak baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Nah, alih-alih mengonsumsi makanan-makanan di atas, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, karbohidrat, vitamin A, vitamin E, probiotik, dan lain sebagainya.

Selanjutnya: Cara menghilangkan jerawat batu di pipi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×