kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan untuk penderita tipes, madu sampai pisang


Selasa, 05 Oktober 2021 / 12:00 WIB
6 Makanan untuk penderita tipes, madu sampai pisang
ILUSTRASI. Anda tidak perlu pusing karena ada banyak makanan untuk penderita tipes yang bisa Anda jadikan pilihan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit tipes muncul karena infeksi bakteri. Biasanya, Anda terinfeksi penyakit itu dari makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita tipes.

Ada beberapa gejala tipes yang umum dialami banyak orang. Misalnya, sakit kepala, tubuh menggigil, sakit perut, produksi keringat meningkat, nyeri otot, dan batuk kering. Apabila terus dibiarkan, bukan tidak mungkin berat badan turun dan muncul kondisi lain yang lebih parah.

Supaya Anda bisa sembuh dengan lebih cepat, usahakan untuk minum banyak air putih. Mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini juga perlu Anda lakukan. Jangan lupa pula untuk tetap memeriksakan diri ke dokter, ya.

Madu

Madu adalah salah satu jenis makanan yang penting untuk Anda konsumsi selama menderita tipes. Mengutip dari Emoha (emoha.com), madu mengandung antibakteri sehingga efektif mengobati tipes. Anda hanya perlu mencampur madu dalam segelas air hangat lalu minum air madu tersebut secara teratur.

Baca Juga: 5 Manfaat nangka bagi kesehatan, bisa menurunkan risiko diabetes

Produk Olahan Susu

Makanan untuk penderita tipes berikutnya adalah produk olahan susu. Produk olahan susu cukup mudah untuk dicerna dalam tubuh dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Namun, Anda perlu berhati-hati jika alergi terhadap laktosa karena produk olahan susu justru bisa menimbulkan efek samping.

Makanan Kaya Karbohidrat

Kentang bisa jadi makanan untuk penderita tipes.

Supaya tubuh lebih kuat untuk melawan penyakit tipes, Anda perlu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Misalnya, kentang, apel, telur, dan lain-lain. Usahakan untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi juga termasuk dalam makanan untuk penderita tipes, lo. Nutrisi itu mampu meredakan inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya, proses penyembuhan tipes menjadi lebih cepat.

Baca Juga: 6 Pantangan kolesterol yang patut diwaspadai

Makanan Tinggi Kalori

Emoha mengatakan bahwa mengonsumsi makanan berkalori penting dilakukan saat terinfeksi tipes. Bukan tanpa alasan, makanan berkalori bisa jadi sumber energi. Tak hanya itu, berat badan Anda yang turun bisa kembali ideal dengan mengonsumsi makanan berkalori.

Pisang

Pisang termasuk makanan untuk penderita tipes.

Pisang tak boleh ketinggalan dari daftar buah untuk penderita tipes. Sama seperti bahan makanan yang lain, buah pisang mampu memberikan energi dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh selama terinfeksi penyakit tipes.

Selanjutnya: 6 Ciri-ciri diabetes ini perlu Anda ketahui, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×