kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

7 Obat Penurun Kolesterol Alami, Ada Bawang Putih Hingga Jahe


Senin, 30 Oktober 2023 / 08:06 WIB
7 Obat Penurun Kolesterol Alami, Ada Bawang Putih Hingga Jahe
ILUSTRASI. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia bisa diobati dengan obat alami, salah satunya bawang putih.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ini obat penurun kolesterol alami yang direkomendasikan.

Ada banyak obat penurun kolesterol alami yang bisa digunakan. Tapi sebelumnya, mari membahas mengenai penyakit kolesterol dan gejalanya. 

Mengutip Kemkes.go.id, kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia disebabkan oleh tingkat kolesterol yang terkandung dalam darah melebihi batas normal. 

kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sejatinya diproduksi secara alami di hati, namun ada pula yang didapat dari beberapa jenis makanan.

Kondisi kolesterol tinggi bisa sangat berbahaya, sebab, penderita akan sangat berisiko untuk terserang beberapa penyakit serius seperti serangan jantung, stroke.

Umumnya, untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah, seseorang akan memeriksakan tekanan darah secara rutin ke tenaga kesehatan. Begitu pula terapi menurunkan kolesterol tinggi, penderita akan secara rutin dijadwalkan untuk berkonsultasi pada dokter.

Lantas, apa saja obat penurun kolesterol secara alami? 

Obat kolesterol alami 

Berikut sejumlah obat kolesterol alami yang cocok dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, seperti dihimpun dari berbagai sumber: 

1. Bawang putih 

Dilansir dari laman Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan memperlambat aterosklerosis. 

Kendati begitu, seperti terapi alternatif pada umumnya, penelitian menghasilkan kesimpulan yang beragam. Misalnya, beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. 

Di sisi lain, studi yang didanai Pusat Nasional untuk Kesehatan Komplementer dan Integratif AS (NCCIH) menyatakan, tidak menemukan efek jangka panjang dari tiga olahan bawang putih terhadap kolesterol darah. 

Baca Juga: Kenali Kolesterol, Ketahui Manfaatnya untuk Kehidupan Seksual!

2. Beras ragi merah 

Beras ragi merah mengandung monacolin K alami dalam jumlah cukup besar. Zat ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif yang terdapat dalam obat penurun kolesterol, lovastatin. 

Oleh karena itu, produk beras ragi merah yang mengandung zat tersebut dapat menjadi obat alami untuk menurunkan kolesterol. 

Namun, beberapa produk beras ragi merah hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak ada monacolin K. Beberapa juga mengandung kontaminan yang disebut citrinin, yang berpotensi menyebabkan masalah kesehatan berupa gagal ginjal. 

Untuk itu, sebelum mengonsumsi beras ragi merah, pastikan untuk memilih produk yang banyak mengandung monacolin K dan bukan citrinin. 

Baca Juga: 7 Penyebab Asam Urat Menyerang, Cek Juga Gejalanya




TERBARU

[X]
×