kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.503.000   7.000   0,47%
  • USD/IDR 15.538   -26,00   -0,17%
  • IDX 7.761   25,89   0,33%
  • KOMPAS100 1.207   4,86   0,40%
  • LQ45 964   5,17   0,54%
  • ISSI 233   0,32   0,14%
  • IDX30 495   2,78   0,56%
  • IDXHIDIV20 594   3,64   0,62%
  • IDX80 137   0,57   0,42%
  • IDXV30 143   0,37   0,26%
  • IDXQ30 165   0,90   0,55%

7 Obat Bisul Herbal Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah


Rabu, 04 Oktober 2023 / 16:11 WIB
7 Obat Bisul Herbal Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah
ILUSTRASI. Daun sirih salah satu obat bisul herbal ampuh.


Penulis: Virdita Ratriani

Obat Bisul - Bisul adalah benjolan kecil berisi nanah yang terbentuk di bawah lapisan kulit. Obat bisul herbal ampuh pun bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan meski harus didampingi dengan pemeriksaan dari dokter. 

Apabila tidak diobati, ukuran bisul bisa semakin membesar dan seringkali menyakitkan. Ada beberapa alternatif obat bisul herbal agar cepat pecah yang bisa digunakan. Obat bisul herbal sebenarnya cukup banyak dan mudah didapatkan. 

Lantas, apa saja obat bisul herbal ampuh agar bisul cepat pecah?

Baca Juga: Asam Lambung Bisa Hengkang dengan Obat 7 Herbal Ini, Apa Saja?

Obat bisul herbal ampuh dan cara membuatnya di rumah

Nah, berikut ini 7 obat bisul herbal ampuh sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Kunyit bubuk

Kunyit bubuk sudah lama dikenal sebagai obat bisul herbal. Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kedua sifat ini dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat.

Cara mengobati bisul dengan kunyit bubuk bisa dilakukan dengan dua cara, memakannya langsung atau dengan mengoleskannya pada kulit. 

Apabila dimakan langsung, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, lalu dinginkan. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Untuk menggunakannya secara langsung, campur kunyit dengan air, jahe, atau keduanya untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada bisul setidaknya dua kali sehari.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

2. Minyak jarak

Minyak jarak juga populer sebagai obat bisul herbal ampuh. Minyak ini mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat, yang merupakan anti-inflamasi alami namun ampuh. 

Asam risinoleat dikombinasikan dengan sifat antibakterinya yang kuat, menjadikan minyak jarak sebagai pengobatan alami yang bagus untuk bisul. 

Cara mengobati bisul, yakni dengan oleskan sedikit minyak jarak langsung ke bisul setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

Baca Juga: 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Menakjubkan

3. Daun sirih

Daun sirih juga efektif mengobati bisul. Daun sirih digunakan sebagai obat luar agar bisul cepat pecah. 

Anda siapkan daun sirih secukupnya. Anda cuci daun sirih lalu tumbuk sampai halus. Anda bubuhkan daun sirih di area yang terkena bisul. 

4. Garam epsom

Garam epsom bukan hanya digunakan sebagai obat relaksasi. Ini juga dapat digunakan sebagai obat bisul alami. Garam dapat membantu mengeringkan nanah, menyebabkan bisul mengering.

Cara mengobati bisul alami dengan garam epsom adalah oleskan kompres ke area bisul tersebut selama 20 menit setiap kali. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.

Baca Juga: 9 Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Menakjubkan

5. Minyak pohon teh atau tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul sehingga bisa digunakan sebagai obat bisul herbal ampuh.

Cara mengobati bisul alami menggunakan minyak pohon teh yakni letakkan minyak pohon teh encer pada kapas dan oleskan pada bisul dua atau tiga kali sehari. Lakukan ini setiap hari sampai bisul benar-benar hilang.

6. Daun ciplukan  

Daun ciplukan juga memiliki manfaat sebagai obat bisul herbal ampuh. Hal ini disebabkan, daun ciplukan memiliki efek farmakalogis antibakteri.  

Dikutip dari Kontan.co.id, untuk mendapatkan manfaatnya, Anda siapkan daun ciplukan segar secukupnya. Anda cuci lalu tumbuk daun ciplukan sampai halus.

Setelah itu, Anda bubuhkan daun ciplukan di area bisul dan balut. Anda ganti ramuan tersebut dua kali sehari. 

Baca Juga: Cek, 7 Manfaat Daun Suruhan untuk Kesehatan dan Cara Merebusnya di Rumah

7. Air hangat

Panas membantu meningkatkan sirkulasi di suatu area, membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi. 

Mengoleskan air hangat ke bisul adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik yang bisa Anda coba.

Cara mengobati bisul dengan air hangat adalah oleskan kompres hangat ke area tersebut selama 20 menit setiap kali. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari, setiap hari, sampai bisulnya hilang. 

Itulah beberapa obat bisul herbal ampuh agar cepat pecah yang bisa dicoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Penerapan Etika Dalam Penagihan Kredit Macet Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK

[X]
×