kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,47   -2,07   -0.23%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh dan Makanan yang Mengandung Vitamin K


Senin, 18 September 2023 / 16:03 WIB
7 Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh dan Makanan yang Mengandung Vitamin K
ILUSTRASI. Manfaat vitamin K untuk kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Vitamin K  - Vitamin K adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat vitamin K paling penting adalah membantu proses pembekuan darah. 

Huruf K dalam vitamin K berasal dari Bahasa Denmark dan Jerman yakni koagulasi (koagulasi) atau pembekuan. Hal ini terkait dengan manfaat vitamin K untuk pembekuan darah. 

Saat orang kekurangan vitamin K, maka darah akan menjadi encer. Hal ini bisa berdampak serius bagi tubuh, terutama saat tubuh mengalami luka atau memar. 

Baca Juga: Suka Sayuran? Kenali 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Selain itu, fungsi vitamin K juga untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung. Tidak hanya itu, fungsi vitamin K juga untuk menjaga kesehatan organ tubuh. 

Kemudian bisa mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang. Nah, ada dua jenis vitamin K, pertama vitamin K1 (phylloquinone) yang bersumber dari sayuran hijau. 

Kedua, vitamin K2 (menaquinone) yang berasal dari hewani dan makanan fermentasi. Lantas, apa saja manfaat vitamin K untuk tubuh? 

Baca Juga: Bikin Kenyang dan Melancarkan Pencernaan, Sederet Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Manfaat vitamin K

Kacang-kacangan salah satu makanan mengandung vitamin k

Nah, berikut ini sederet manfaat vitamin K sebagaimana dirangkum dari Healthnews, Clevelandclinic, dan Medical News Today:

1. Menjaga kesehatan tulang 

Manfaat vitamin K yang pertama adalah menjaga tulang tetap kuat. Hal ini karena vitamin K mendukung protein yang disebut osteocalcin, protein paling melimpah di jaringan tulang. 

Fungsi vitamin K juga dapat memperkuat sumsum tulang dan mengurangi potensi terkena penyakit yang disebut dengan osteoarthritis.

2. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat vitamin K juga dapat mendukung kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian pada 2019 disebutkan bahwa fungsi vitamin K salah satunya bisa mengurangi kalsifikasi pada arteri.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition 2019 menemukan bukti bahwa mendapatkan cukup vitamin K meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Baik Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui

3. Mendukung kesehatan sel tubuh 

Selanjutnya, manfaat vitamin K juga dapat memperlambat perkembangan kanker dengan meningkatkan kesehatan sel dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Para ilmuwan dalam sebuah studi berhipotesis bahwa vitamin K dapat menawarkan pengobatan di masa depan untuk beberapa jenis kanker.

4. Pembekuan darah

Salah satu manfaat vitamin K yang paling utama adalah membuat empat dari 13 protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah. Pembekuan darah bermanfaat untuk menghentikan luka atau pendarahan.

Ini adalah fungsi vitamin K yang utama. Meski demikian, Anda juga harus berhati-hati. 

Sebab, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti obat antikoagulan warfarin, tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin K atau mengonsumsi vitamin K dalam jumlah besar.

Baca Juga: Bikin Kenyang dan Melancarkan Pencernaan, Sederet Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

5. Memperkuat daya ingat

Manfaat vitamin K juga bisa memperkuat daya ingat. Peningkatan kadar vitamin K dalam darah dikaitkan dengan peningkatan memori pada orang lanjut usia atau lansia. 

6. Meningkatkan kekuatan gigi

Manfaat vitamin K juga bisa meningkatkan kekuatan gigi. Pertumbuhan gigi dibuat dengan cara yang sama seperti tulang. 

Hal ini berarti bahwa kelemahan gigi dapat dikaitkan dengan kekurangan vitamin K. Sama seperti pada proses pembentukan tulang yang sehat, vitamin K mengaktifkan osteocalcin, yang mengikat kalsium ke gigi. 

Dengan demikian, suplai vitamin K akan meningkatkan kekuatan organ gigi. Osteocalcin, ketika diaktifkan, merangsang pertumbuhan dentin baru untuk meningkatkan kekuatan gigi.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

7. Melawan kondisi autoimun 

Manfaat vitamin K juga bisa membantu melawan kondisi autoimun. Melengkapi kebutuhan nutrisi dengan vitamin K telah terbukti melawan kondisi autoimun yang memiliki efek yang sama seperti multiple sclerosis. 

Orang-orang dengan rheumatoid arthritis dapat mengurangi kemungkinan mereka terkena penyakit lain dengan memberikan dosis harian vitamin K2. 

Suplemen K2 juga dapat digunakan untuk membalikkan efek dari respon autoimun sehingga mencegah sejumlah penyakit. 

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang mengalami gangguan sehingga menyerang jaringan tubuh itu sendiri.

Demikian sejumlah manfaat vitamin K untuk kesehatan dan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×