kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,39   -6,15   -0.68%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Catat!


Jumat, 24 Maret 2023 / 10:28 WIB
7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Catat!
ILUSTRASI. Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh nampaknya masih asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, ada manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh yang sudah teruji secara klinis.

Oleh sebab itu, manfaat kayu manis untuk kesehatan tubub sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, kayu manis juga kerap dimanfaatkan untuk diolah menjadi ramuan obat alami. 

Banyaknya manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh tidak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam tumbuhan tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh Jika Diminum Saat Buka Puasa

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam kayu manis di antaranya karbohidrat, kalium, natrium, serat, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin C dan masih banyak lagi. 

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh: 

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Salah satu manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian adalah mengandung banyak antioksidan. Dengn begitu, mengkonsumsi kayu manis mampu menangkal berbagai radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Selain itu, kayu manis juga memiliki sifat antiinflamasi yang mampu meredakan peradangan kronis.

Baca Juga: 6 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui, Cek Ya!

2. Memiliki Sifat Antivirus dan Anti bakteri

Manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Tak heran, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mampu melindungi dari virus seperti influenza dan demam berdarah yang diturunkan nyamuk.

3. Mengontrol Diabetes

Kayu manis juga sangat bermanfaat untuk mengontrol diabetes. Pasalnya, kayu manis memiliki reputasi untuk membantu mengelola gula darah. 

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kayu manis memiliki efek sedang yang dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Setiap Hari

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Manfaat kayu manis untuk kesehatan lainnya yakni juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Hal tersebut dikarenakan kayu manis mampu berpotensi mengurangi resistensi insulin.

Insulin adalah hormon yang terlibat dalam pengangkutan gula darah dari darah kita ke sel-sel di mana kita membutuhkannya, ini berarti ia berperan penting dalam mengatur metabolisme dan tingkat energi kita.

Baca Juga: Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?

5. Meningkatkan Fungsi Otak 

Tak berhenti disitu, kayu manis juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Senyawa dalam kayu manis juga dipercaya mampu mencegah penyakit alzheimer yang biasanya terjadi saat bertambahnya usia.

6. Mengelola Tekanan Darah

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kayu manis secara konsisten dikaitkan dengan penurunan tekanan darah jangka pendek. Meskipun bukti terlihat penuh harapan, ini masih awal dan uji coba terkontrol acak jangka panjang diperlukan serta penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Cek 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh Ini

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Tekanan darah mungkin bukan satu-satunya faktor risiko kardiovaskular. Pasalnya, dengan mengkonsumsi kayu manis risiko tersebut bisa sedikit berkurang. Hal tersebut dikarenakan kayu manis mampu mengurangi trigliserida darah serta kadar kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Demikian beberapa manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×