kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,33   5,73   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Setiap Hari


Kamis, 23 Maret 2023 / 13:33 WIB
Simak 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Setiap Hari


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak berbagai manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian jika dikonsumsi setiap hari. Selain itu, Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh juga telah teruji klinis.

Tak heran, manfaat buah pisang untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Sehingga banyaknya manfaat buah pisang untuk kesehatan seringkali dimanfaatkan bagi para atlet karena mampu menambah performa saat melakukan aktivitas.

Selain memilii banyak manfaat, buah pisang juga memiliki rasa manis yang khas dan enak saat dikonsumsi. Bahkan, buah pisang kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat.

Baca Juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Cek 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh Ini

Banyaknya manfaat buah pisang untuk kesehatan berasal dari melimpahnya kadungan nutrisi buah yang berwarna kuning tersebut.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang di antaranya seperti protein, serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin B6 dan masih banyak lagi.

Melansir dari BBC Good Food, berikut beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh:

1. Mendukung Kesehatan Usus

Salah satu manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui adalah mampu mendukung kesehatan usus. 

Hal tersebut dikarenakan buah pisang megandung cukup banyak serat baik untuk sistem percernaan termasuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Membahayakan Kesehatan, Dari Sering Mengantuk

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain bermanfaat untuk kesehatan usus, mengkonsumsi buah pisang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, buah pisang memiliki efek yang membantu menurunkan kolesterol tinggi yang merupakan salah satu gejala dan penyebab penyakit jantung.

3. Meredakan Gejala Asam Lambung

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang cukup menjadi sorotan adalah dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung. Buah pisang mengandung senyawa yang bernama leucocyanidin yang mampu meningkatkan ketebalan selaput lendir lambung. 

Sehingga dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin mampu meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga: 6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Mampu Meredakan Nyeri Otot

4. Menambah Energi

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang tidak kalah populer yaitu mampu menambah dan penguat energi. Pasalnya, buah pisang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Sakahnya, buah pisang mengandung potasium yang mendukung kontraksi otot selama latihan dan dapat mengurangi risiko kram. Tak heran, para atlet menjadikan buah pisang sebagai salah satu makanan yang wajib dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Catat Ya!

5. Meningkatkan Mood

Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang tak boleh dianggap sepele yaitu mampu meningkatkan mood. Buah pisang mengandung triptofan yang mampu merangsang otak menjadi terasa enak sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks dan suasana hati menjadi lebih baik serta menyenangkan.

Demikian beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang menarik untuk diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×