kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Sayang Dilewatkan!


Rabu, 01 Maret 2023 / 13:43 WIB
8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Sayang Dilewatkan!
ILUSTRASI. Manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak berbagai manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh yang menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, manfaat buah pisang untuk kesehatan juga teruji secara klinis.

Salah satu manfaat buah pisang untuk kesehatan yang cukup populer adalah menjadi sumber energi. Sehingga, tak heran para atlet kerap mengkonsumsi buah pisang sebelum olahraga atau pertandingan agar mempunyai energi tambahan.

Buah pisang juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya seperti kaya akan serat, protein, vitamin C, kalium, magnesium dan berbagai nutrisi lain.

Baca Juga: Coba Cek 8 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

Tak hanya itu, buah pisang juga mempunyai rasa manis yang lezat saat dikonsumsi. Tidak heran, pisang kerap dijadikan berbagai jenis makanan seperti jus, kue, hingga berbagai perasa makanan. 

Melansir dari Healthline, berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan, di antarnaya: 

1. Mendukung Pemulihan Otot 

Buah Pisang terkadang disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet. Ini sebagian besar karena kandungan karbohidrat yang mudah dicerna, serta mineral kalium dan magnesium, yang keduanya bertindak sebagai elektrolit.

Saat berolahraga tubuh kehilangan elektrolit melalui keringat. Memasok kalium dan magnesium dengan mengkonsumsi buah pisang, dapat mengurangi kram dan nyeri otot akibat olahraga.

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Catat Ya!

2. Melancarkan Pencernaan

Buah Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan serat. Oleh karena itu mengkonsumsi pisang dipercaya mampu melancarkan pencernaan. 

Salah satu jenis serat yang ditemukan pada buah pisang adalah prebiotik. Serat tersebut menjadi makanan bagi baktei yang baik untuk usus Anda.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek buah pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, buah yang populer ini memang memiliki beberapa atribut yang bisa membuatnya menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan.

Salah satunya, buah pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Buah Pisang rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, namun bergizi dan tetap mengenyangkan.

Baca Juga: 9 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah pisang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama manajemen tekanan darah. Pisang adalah sumber potasium yang bagus untuk kesehatan.

5. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Buah Pisang dipercaya mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, pisang mengandung serat yang dapat memoderasi kadar gula darah Anda setelah makan. Plus, mereka dapat membantu mengatur nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut Anda.

Meski mengandung karbohidrat yang relatif tinggi, buah pisang tidak akan menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah pada individu yang sehat. Serta, bagi penderita diabetes masih bisa menikmati pisang, namun tidak disarankan untuk menikmatinya dalam porsi besar.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan, Apa Saja?

6. Melawan Berbagai Radikal Bebas

Buah Pisang juga merupakan salah satu buah yang mengandung banyak radikal bebas. Salah duanya adalah flavonoid dan amina. Antioksidan ini bermanfaat untuk melawan berbagai jenis radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. 

7. Membantu Merasa Kenyang

Serat larut dalam buah pisang dapat membantu Anda tetap kenyang dengan menambahkan jumlah besar ke sistem pencernaan Anda dan memperlambat pencernaan. Selain itu, buah pisang relatif rendah kalori jika dibandingkan dengan buah lain.

Gabungan kandungan buah pisang yang rendah kalori dan serat yang tinggi menjadikannya camilan yang lebih mengenyangkan daripada makanan lain seperti makanan ringan olahan atau makanan ringan bergula.

Baca Juga: Coba Simak 5 Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

8. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Kalium dalam buah pisang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal yang sehat dan pengaturan tekanan darah. 

Sebagai sumber makanan potasium yang bagus, pisang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×