kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan, Apa Saja?


Selasa, 28 Februari 2023 / 09:15 WIB
6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Manfaat buah durian untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat buah durian untuk kesehatan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, manfaaat buah durian untuk kesehatan tubuh juga teruji secara klinis.

Sehingga tidak heran manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan.

Meski memiliki manfaat, sebaiknya tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah durian secara berlebihan karena berisiko menimbulkan efek samping. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh yang Sayang Dilewatkan, Coba Cek!

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, buah durian juga memiliki rasa manis yang khas sehingga membuat cukup banyak peminatnya. 

Oleh sebab itu, tak jarang juga buah durian kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti kue, es krim, hingga berbagai penyedap rasa makanan dan minuman.

Manfaat buah durian untuk kesehatan sendiri tak lepas dari berbagai macam kandungan nutrisi di dalamnya. Di antaranya seperti vitamin C, vitamin B, kalsium, kalium, protein, karbohidrat, serat dan lain-lain.

Lantas apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan? 

Baca Juga: Kenali Yuk 9 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

Melansir dari Health Plus, berikut beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Mood

Salah satu manfaat buah durian di antaranya mampu meningkatkan mood dan membuat Anda merasa lebih bahagia dan santai. Pasalnya, sama seperti cokelat buah durian mengandung asam amino triptofan yang mampu meningkatkan mood.

2. Mengatur Tekanan Darah 

Buah durian juga memiliki manfaat yang mampu mengatur tekanan darah. Selain itu, buah durian juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung stroke hingga gagal ginjal.

Selain itu, buah durian dapat berperan dalam mengatur tekanan darah karena merupakan sumber makanan kalium, elektrolit yang membantu menjaga tingkat tekanan darah.

Baca Juga: 7 Obat Jerawat Alami yang Aman dan Ampuh, Jangan Lewatkan!

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Mengkonsumsi buah durian juga bermanfaat untuk membantu tidur lebih nyenyak. Pasalnya, buah durian mengandung melatonin yang mampu mengontrol siklus tidur.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah durian juga mengandung vanyak vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah durian juga mampu melawan radikal bebas dan membantu mengurangi kerutan kulit serta tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Penasaran?

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah durian juga termasuk salah satu buah yang mengandung zat besi, potasium dan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Sebuah studi oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional di Amerika Serikat menunjukkan bahwa memiliki asupan zat besi yang lebih tinggi juga membantu meningkatkan kepadatan tulang, menyiratkan bahwa kalsium bukan satu-satunya kontributor untuk menjaga kesehatan tulang. Mineral penting ini dapat membantu dalam pencegahan osteoporosis.

Baca Juga: Coba Simak 5 Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh, Menarik!

6. Meningkatkan Energi

Manfaat buah durian selanjutnya yaitu mampu meningkatkan dan menjadi sumber energi tambahan. Selain itu, mengkonsumsi buah durian juga cocok untuk dikonsumsi untuk mengurangi kelelahan dan meredakan kecemasan.

Demikian beberapa manfaat buah durian untuk kesehatan. Meski memiliki banyak manfaat, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah durian secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×