kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Kamis, 23 Maret 2023 / 11:37 WIB
Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan, Apa Saja?
ILUSTRASI. Kandungan nutrisi buah blewah.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Buah blewah adalah salah satu jenis buah yang cukup identik dengan bulan puasa. Selain itu, buah blewah mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Melimpahnya kandungan nutrisi buah blewah sangat berkaitan dengan banyaknya manfaat buah blewah untuk kesehatan.

Selain memiliki banyak nutrisi, buah blewah juga memiliki rasa manis yang enak saat dikonsumsi. Tak heran, buah blewah kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Baca Juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Cek 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh Ini

Lantas apa saja nutrisi buah blewah tersebut?

Melansir dari Healthline. berikut beberapa nutrisi buah blewah yang penting untuk kesehatan:

1. Beta Karoten

Salah satu nutrisi buah blewah yang cukup menjadi sorotan di antaranya adalah beta karoten. Kandungan nutrisi buah blewah tersebut bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel dalam tubuh.

Selain itu, nutrisi buah blewah ini juga bermanfaat untuk kesehatan mata, sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Membahayakan Kesehatan, Dari Sering Mengantuk

2. Vitamin C

Nutrisi buah blewah selanjutnya yaitu melimpahnya vitamin C. Manfaat vitamin C, khususnya dalam buah blewah dipercaya baik untuk diabetes, meredakan flu dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

3. Folat

Buah blewah selanjutnya mengandung nutrisi bernama Folat juga dikenal sebagai vitamin B-9. Folat adalah istilah yang digunakan ketika secara alami ada dalam makanan. Asam folat adalah istilah yang digunakan untuk suplemen dan makanan yang diperkaya.

Menurut studi lebih dekat pada vitamin yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, folat dapat menawarkan perlindungan pada kanker dini dan pada orang dengan defisiensi folat.

Baca Juga: 6 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan, Mampu Meredakan Nyeri Otot

4. Air

Tak berhenti disitu, buah blewah juga dikenal memiliki banyak air. Seperti kebanyakan buah, blewah memiliki kandungan air yang tinggi, hampir 90 persen. 

Sehingga mengkonsumsi buah blewah mampu membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari dan penting untuk kesehatan jantung.

5. Serat

Nutrisi buah blewah yang penting untuk kesehatan lainnya adalah serat. Manfaat kesehatan serat lebih dari sekadar mencegah sembelit. Namun, banyaknya serat dalam buah blewah juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes serta membantu Anda menurunkan berat badan dengan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Perhatian, Catat Ya!

6. Potasium

Kandungan nutrisi buah blewah yang penting diketahui selanjutnya adalah potasium. Menurut Asosiasi Jantung Amerika, potasium membantu menjaga keseimbangan air yang tepat antara sel dan cairan tubuh.

Potasium juga penting untuk kesehatan saraf dan kontraksi otot yang tepat. Mengkonsumsi makanan yang kaya potasium seperti buah blewah setelah berolahraga membantu mengisi kembali elektrolit yang terkuras. Demikian beberapa kandungan nutrisi buah blewah yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×