kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Naga Merah Ini Wajib Anda Ketahui


Selasa, 16 April 2024 / 18:25 WIB
7 Manfaat Buah Naga Merah Ini Wajib Anda Ketahui


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

MANFAAT BUAH NAGA - KONTAN.CO.ID. Meski punya warna yang mencolok serta tekstur kulit menyeramkan, ternyata buah naga merah menyimpan banyak manfaat.

Selama beberapa tahun terakhir, buah naga secara umum kerap dimasukkan ke dalam golongan makanan super atau superfood karena banyaknya manfaat yang dimiliki.

Buah yang berasal dari keluarga kaktus ini memiliki banyak varian dengan warna yang berbeda, mulai dari kuning, merah muda, putih, hingga merah yang paling populer.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Memperkuat Hati Hingga Turunkan Kolesterol

Nutrisi dalam Buah Naga

Berdasarkan temuan Departemen Agrikultur Amerika Serikat (USDA), serat dan antioksidan adalah nutrisi utama yang terdapat dalam buah naga.

Berikut adalah beberapa kandungan nutrisi buah naga yang bisa Anda dapatkan dalam setiap 100 gram:

  • Air: 84 g
  • Protein: 0,36 g
  • Lemak: 0,14 g
  • Karbohidrat: 15,2 g
  • Gula: 9,75 g
  • Serat: 5,58 g (20% dari kebutuhan harian)
  • Natrium: 1,8 mg
  • Vitamin C: 7,74 mg (8% dari kebutuhan harian)
  • Potasium (Kalium): 209 mg (4.4% dari kebutuhan harian)
  • Magnesium: 12.6 mg (3% dari kebutuhan harian)

Buah naga merah juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi, zinc, selenium riboflavin, thiamin, folat, vitamin A, vitamin D, serta beragam jenis vitamin B.

Baca Juga: Yuk Intip 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Ternyata Bikin Jantung Lebih Kuat!

Manfaat Buah Naga Merah

Melihat beragamnya nutrisi pada buah naga merah, buah ini jelas memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga merah untuk kesehatan:

1. Mengatur Kadar Gula Darah

Kemampuan mengatur kadar gula darah adalah salah satu manfaat buah naga merah, meskipun buah ini mengandung gula alami.

Healh.com mencatat, senyawa alami dalam buah ini dapat membantu regenerasi sel beta di pankreas, yang membuat dan mengeluarkan insulin dan amylin, dua hormon yang mengatur kadar gula darah.

2. Memicu Peredaran Darah yang Sehat

Para ilmuwan menemukan, orang yang memakan buah naga mengalami peningkatan aliran darah yang signifikan dua, tiga, dan empat jam setelah mengonsumsinya. Efek tersebut bahkan bertahan selama periode dua minggu.

Berdasarkan temuan itu, peneliti mengatakan bahwa buah naga bisa memiliki dampak yang berarti terhadap pencegahan penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Makanan Pembakar Lemak Perut, Tetap Nikmat Dimakan

3. Sumber Magnesium

Manfaat buah naga merah berikutnya adalah sebagai sumber magnesium yang sangat besar. Buah naga memiliki kandungan magnesium lebih besar dibandingkan buah kebanyakan, yaitu 18% dari kebutuhan harian Anda dalam setiap mangkuknya.

Mengutip PubMed Central, rata-rata tubuh kita mengandung 24 gram magnesium, atau kira-kira satu ons.

Beberapa studi menunjukkan bahwa asupan magnesium yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan menyehatkan tulang.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Mengutip Healthline, vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan melindungi sel darah putih Anda dari bahaya.

5. Meningkatkan Kadar Zat Besi

Buah naga termasuk salah satu dari sedikit buah yang mengandung zat besi. Zat besi memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta memecah makanan menjadi energi.

Buah naga bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan zat besi. Kandungan vitamin C pada buah ini juga membantu tubuh menyerap zat besi.

Baca Juga: Yuk Catat 8 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Kulit Glowing!

6. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat buah naga merah berikutnya adalah meningkatkan kesehatan usus dengan dua cara utama. MedlinePlus mencatat, buah ini memiliki kandungan serat tinggi yang mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mencegah sembelit.

Buah naga merah juga mengandung prebiotik yang disebut oligosakarida, yang membantu merangsang pertumbuhan mikroba usus Bifidobacteria dan Lactobacillus yang bermanfaat.

7. Mencegah Serangan Penyakit Kronis

Tingginya kandungan antioksidan anti inflamasi membuat buah naga dipercaya memiliki kemampuan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

Beberapa penyakit yang termasuk di dalamnya antara lain adalah diabetes, penyakit jantung, kanker, dan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik ditandai dengan ciri seperti lingkar pinggang besar, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kolesterol baik yang rendah.

Nah, itu dia 7 manfaat buah naga merah yang rasanya wajib Anda ketahui. Mulai sekarang, tidak ada lagi alasan untuk tidak mengonsumsi buah naga yang kaya manfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×