kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,60   -24,13   -2.60%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yuk Catat 8 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Kulit Glowing!


Rabu, 10 April 2024 / 09:00 WIB
Yuk Catat 8 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Kulit Glowing!
ILUSTRASI. Yuk Catat 8 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Bikin Kulit Glowing!


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

MANFAAT BUAH PIR - KONTAN.CO.ID. Seperti banyak buah pada umumnya, pir tentu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya bagian daging, kulitnya pun memiliki manfaat.

Mengutip health.com, kandungan seratnya meningkatkan kesehatan pencernaan dan kemampuan tubuh mengontrol gula darah. Antioksidan di kulitnya dapat melawan peradangan kronis yang terkait dengan berbagai penyakit kronis.

Secara umum, buah pir memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam, mulai dari vitamin, mineral, serat, hingga antioksidan.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan, Superfood Kaya Nutrisi

Kandungan Nutrisi Buah Pir

Buah pir adalah sumber karbohidrat, serat, serta vitamin dan mineral tertentu yang baik. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian AS (USDA), berikut adalah kandungan nutrisi dalam satu buah pir berukuran sedang (178 gram):

  • Kalori: 101 
  • Lemak: 0,25 gram 
  • Natrium: 1,78 miligram
  • Karbohidrat: 27.1 gram
  • Serat: 5,52 gram (20% kebutuhan harian) 
  • Gula tambahan: 0 gram 
  • Protein: 0,64 gram
  • Tembaga: 0,15 miligram (16% kebutuhan harian)

Baca Juga: Mengintip Manfaat Siwak Sebagai Penyegar Mulut Alami Bagi yang Berpuasa

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Serat menjadi salah satu senjata utama buah pir untuk menyehatkan tubuh manusia. Zat ini penting untuk berbagai aspek kesehatan termasuk pencernaan, pengaturan gula darah, rasa kenyang, dan penurunan kolesterol.

Berikut adalah deretan manfaat buah pir untuk kesehatan kita:

1. Sumber Antioksidan

Mengutip BeatOapp.com, antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid yang banyak terdapat pada buah pir, penting untuk menangkap radikal bebas dan menurunkan stres oksidatif dalam tubuh.

Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

2. Kemampuan Antiinflamasi

Buah pir mengandung sejumlah nutrisi, termasuk tembaga dan vitamin C dan K anti inflamasi. 

Peningkatan konsumsi flavonoid dan polifenol telah dikaitkan dalam beberapa evaluasi komprehensif dengan penurunan risiko diabetes dan kematian atau kecacatan terkait penyakit jantung.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Memperkuat Hati Hingga Turunkan Kolesterol

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah pir berikutnya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Beberapa penelitian menunjukkan ada beberapa manfaat buah pir, dan mengandung banyak vitamin A dan C.

Kedua Vitamin ini memainkan peran penting dalam membuat kulit lebih sehat dan glowing. Selain itu, juga dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti polusi, stres, dan pola makan yang buruk.

4. Memelihara Kesehatan Usus

Manfaat buah pir berikutnya ada pada kandungan serat di dalamnya.

Pir adalah sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat ini membantu menjaga keteraturan usus dengan melunakkan dan menggembungkan tinja.

Sebagai tambahan, PubMed Central mencatat bahwa pir kaya akan pektin, sejenis serat larut yang dikaitkan dengan beberapa manfaat, termasuk meningkatkan kesehatan usus dan fungsi kekebalan tubuh.

5. Memiliki Efek Anti Kanker

Pir mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat anti kanker, seperti antosianin dan asam klorogenat.

Mengutip Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang kaya buah-buahan, termasuk pir, dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru dan perut.

Penelitian lain menunjukkan bahwa buah-buahan kaya flavonoid seperti pir juga dapat melindungi terhadap kanker payudara dan ovarium.

Baca Juga: 10 Minuman Pencegah Migrain, Ada Kopi hingga Jus Buah

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Sebuah laporan yang diterbitkan PubMed Central menunjukkan, sebuah penelitian menemukan bahwa makan lima atau lebih porsi buah kaya antosianin seperti pir bisa berpengaruh dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 23%.

Serat dalam buah pir memperlambat pencernaan, memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Manfaat buah pir ini jelas wajib Anda perhatikan.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah pir berikutnya, kandungan antioksidan procyanidin yang ada di dalamnya dapat menurunkan kekakuan jaringan jantung, menurunkan kolesterol LDL (jahat), dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Menariknya, kulit buah pir juga mengandung antioksidan penting yang disebut quercetin, yang dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan.

Zat ini juga mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pir adalah buah yang rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat. Kombinasi itu membuatnya sangat cocok untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan. 

Serat dan air dapat membantu Anda tetap kenyang. Saat kenyang, secara alami Anda cenderung tidak ingin terus makan.

Itu dia informasi mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan. Menarik bahwa kulit dari buah ini pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat.

Selanjutnya: 50 Ucapan Idul Fitri 2024 Islami Penuh Doa yang Bisa Dikirimkan ke Kerabat

Menarik Dibaca: Ternyata 6 Film Netflix Ini Diadaptasi dari Kisah Nyata lo, Sudah Nonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×