kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,14   0,44   0.05%
  • EMAS1.145.000 1,33%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Luar Biasa


Senin, 06 Maret 2023 / 12:05 WIB
7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Beberapa manfaat air kelapa untuk tubuh adalah merawat kulit sampai membantu mengatasi racun.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat air kelapa sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh. Selain untuk meredakan dahaga, khasiat air kelapa juga bisa dipakai untuk mencegah maupun pengobatan berbagai macam penyakit.

Kelapa tumbuh di iklim tropis yang secara ilmiah dikenal sebagai Cocos nucifera, dan secara botanis dianggap sebagai buah. 

Air kelapa adalah cairan yang dihasilkan oleh kelapa muda yang masih hijau. Air kelapa cukup sering dikonsumsi masyarakat di negara tropis sebab sangat menyegarkan, terlebih saat cuaca terik. 

Baca Juga: 9 Minuman yang Bikin Asam Lambung Rontok, Sensasi Terbakar di Tenggorokan Bisa Adem

Beberapa manfaat air kelapa untuk tubuh adalah merawat kulit sampai membantu mengatasi racun. Hal itu karena di dalam air kelapa muda, terdapat banyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh.

Lantas, apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan? 

Baca Juga: Ampuh Hilangkan Bau Badan, Coba 4 Cara Membuat Deodoran dari Tawas Ini Yuk!

Manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa adalah membantu menyehatkan tubuh.

Berikut ini beberapa khasiat air kelapa bagi kesehatan sebagaimana dilansir dari laman Healthline:

1. Sumber nutrisi yang baik

Manfaat air kelapa adalah membantu menyehatkan tubuh. Air kelapa mengandung 94% air dan sangat sedikit lemak. 

Baca Juga: Selain Mengatasi Sembelit, Ini Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Bila Anda sedang diet, jangan dicampurkan dengan santan yang dibuat dengan menambahkan air pada parutan daging kelapa. Santan mengandung sekitar 50% air dan cukup tinggi lemaknya.

Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 60 kalori, serta karbohidrat 15 gram, gula 8 gram, kalsium 4% dari kebutuhan harian (DV), magnesium 4% dari DV, fosfor 2% dari DV, dan kalium sebanyak 15% dari DV.

Singkatnya, air kelapa adalah cairan yang terdapat pada kelapa muda dan merupakan sumber alami dari beberapa mineral penting.

Baca Juga: Patut Dicoba! Minum Susu dan Air Putih Bisa Mencegah Asam Urat Tinggi

2. Memiliki sifat antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel selama proses metabolisme. Produksinya dapat meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika terlalu banyak radikal bebas, tubuh memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa khasiat air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi berbahaya bagi tubuh. 

Baca Juga: Selain Kunyit, Ini Bumbu Masak yang Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

3. Menurunkan gula darah bagi penderita diabetes

Studi juga menunjukkan bahwa manfaat air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan gejala kesehatan lainnya pada hewan penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian pada 2015, tikus dengan diabetes yang diobati dengan air kelapa bisa mempertahankan kadar gula darah yang lebih baik daripada kelompok tikus lainnya. 

Baca Juga: Kaya Serat dan Sorbitol, Ini Jus Buah yang Efektif Mengobati Sembelit

Studi yang sama juga menemukan bahwa tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, yang menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang lebih baik.

Studi yang lebih baru pada 2021 yang melibatkan tikus dengan diabetes juga menemukan bahwa air kelapa mengurangi glukosa darah.

Baca Juga: 5 Alasan Jambu Biji Baik untuk Kesehatan Penderita Diabetes

4. Dapat membantu mencegah batu ginjal

Manfaat air kelapa yakni dapat membantu mencegah batu ginjal.

Manfaat air kelapa yakni dapat membantu mencegah batu ginjal. Sebab, minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal. Meskipun air putih adalah pilihan yang baik, dua penelitian kecil menunjukkan bahwa air kelapa juga baik bagi penderita batu ginjal. 

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lain membentuk kristal dalam urin. Kristal-kristal ini kemudian dapat membentuk batu-batu kecil yang disebut batu ginjal. 

Baca Juga: 9 Manfaat Air Kelapa yang Kaya akan Mineral dan Vitamin

Dalam sebuah studi pada 2013 pada tikus dengan batu ginjal, manfaat air kelapa bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian saluran kemih lainnya. Khasiat air kelapa juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di urin.

Dalam sebuah penelitian pada 2018 yang melibatkan delapan orang, para peneliti menemukan bahwa air kelapa dapat membantu membersihkan sistem saluran kemih. 

Baca Juga: Serba-Serbi Raker Kemendag: Degla, Produk Unggulan dari Way Kanan, Lampung

5. Dapat mendukung kesehatan jantung

Manfaat air kelapa juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam studi dari 2008, para peneliti memberi makan tikus dengan makanan yang kaya lemak dan kolesterol. 

Mereka juga memberi satu kelompok tikus dengan air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan).

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dengan Bahan Alami

Setelah 45 hari, kelompok tikus dengan air kelapa mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang serupa dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Namun, dalam dosis manusia hal itu setara orang dengan bobot 68 kg mengonsumsi 2,7 liter air kelapa per hari. Sebuah studi pada 2005 menunjukkan bahwa air kelapa juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah pada penderita darah tinggi.

Sebab, air kelapa mengandung potasium dan kalium yang membantu menurunkan darah tinggi.  

Baca Juga: 7 Obat Jerawat Alami yang Aman dan Ampuh, Jangan Lewatkan!

6. Mengisi kembali elektrolit yang hilang

Manfaat air kelapa juga bisa memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga atau beraktivitas fisik.

Manfaat air kelapa juga bisa memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga atau beraktivitas fisik. 

Elektrolit adalah mineral yang memainkan beberapa peran penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. Beberapa elektrolit vital termasuk kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Karena air kelapa mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa manfaat air kelapa lebih baik untuk mengembalikan hidrasi dibandingkan air putih biasa. 

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Sariawan yang Kambuh dengan Vitamin hingga Jus Buah

7. Membantu mengembalikan cairan tubuh 

Manfaat air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang enak untuk membantu mengembalikan cairan tubuh. Sebab, air kelapa memiliki rasa yang sedikit manis.

Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan karbohidrat. Air kelapa paling segar adalah yang diminum langsung dari buahnya.

Baca Juga: Simak 5 Cara Mengencangkan Kulit Kendur yang Benar

Namun saat ini, banyak pula air kelapa yang diproduksi pabrikan dan dikemas dalam kemasan. Pastikan untuk membaca komposisi bahannya agar Anda mendapatkan 100% air kelapa. 

Beberapa produk air kelapa kemasan dapat mengandung tambahan gula atau bahan lainnya.

Itulah sederet manfaat air kelapa yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Secara umum, khasiat air kelapa baik untuk kesehatan jantung, ginjal, dan penderita diabetes. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×