7 Makanan yang mengandung protein tinggi, enak dan mudah didapat

Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:21 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Makanan yang mengandung protein tinggi, enak dan mudah didapat

ILUSTRASI. Makanan yang mengandung protein tinggi, enak dan mudah didapat. REUTERS/Eva Plevier.


KONTAN.CO.ID - Makanan yang mengandung protein sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Protein diperlukan guna memelihara dan memperbaiki sel tubuh. 

Untuk orang dewasa, kebutuhan protein setiap harinya sesuai dengan angka kecukupan gizi (AKG) adalah 56-66 gram. 

Makanan yang mengandung protein tinggi juga bisa didapatkan dengan mudah dan sangat terjangkau dari sisi harga. 

Nah, berikut ini 7 makanan mengandung protein tinggi seperti dilansir dari Healthline:

1. Telur

Makanan yang mengandung protein yang mudah didapat adalah telur. Protein hewani ini adalah sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung mata, dan nutrisi untuk otak.

Telur utuh mengandung protein tinggi, tetapi putih telur mengandung protein murni. Namun makanan ini tak cocok untuk penderita alergi telur. Satu telur besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Ampuh Meredakan Sakit Muntaber

2. Daging ayam

Dada ayam adalah makanan yang mengandung protein cukup tinggi. Ayam juga sangat mudah dimasak dan serbaguna.

Satu dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram dan hanya 284 kalori.

3. Susu

Makanan yang mengandung protein tinggi berikutnya adalah susu. Susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik, dan tinggi kalsium, fosfor, dan riboflavin

Namun bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, mengonsumsi susu dapat menyebabkan gejala gastrointestinal. Orang dengan alergi susu juga dapat mengalami gejala yang parah, jadi susu sapi juga bukan pilihan yang cocok untuk mereka.

Bagi mereka yang ingin minum susu tetapi tidak dapat mentolerirnya atau mengikuti pola makan nabati murni, alternatifnya termasuk susu kedelai.

Satu cangkir susu murni mengandung 8 gram protein dan 149 kalori. Sementara satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori.

Baca Juga: Cukup minum teh suruhan secara rutin asam urat tinggi kandas

4. Brokoli

Brokoli adalah sayuran sehat yang menyediakan vitamin C, vitamin K, serat, dan potasium. Ini juga menyediakan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker.

Brokoli mengandung tinggi protein dibandingkan dengan kebanyakan sayuran. Setiap 96 gram brokoli memiliki 3 gram protein dan hanya 31 kalori.

5. Ikan

Ikan adalaha makanan yang mengandung protein tinggi dan kaya akan nutrisi penting. Beberapa jenis kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Kandungan protein ikan sangat bervariasi tergantung dari jenis ikan. Salmon contohnya mengandung protein 19 gram per 3 ons dan hanya 175 kalori. 

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Serotonin Secara Alami

6. Udang

Udang adalah salah satu jenis makanan laut dan rendah kalori tetapi tinggi dalam berbagai nutrisi, termasuk selenium dan vitamin B12.

Seperti ikan, udang juga banyak mengandung asam lemak omega-3. Setiap 3 ons daging udang mengandung 20 gram protein dan hanya 84 kalori.

7. Kacang

Kacang tanah maupun jenis kacang-kacangan lainnya kaya akan protein, serat, dan magnesium. Selai kacang juga tinggi protein, tetapi juga bisa tinggi kalori. Karena itu, Anda harus memakannya dalam jumlah sedang.

Kacang sendiri merupakan makanan yang mengandung protein cukup besar. Setiap 1 ons kacang mengandung 7 gram protein dan 161 kalori.

Selanjutnya: Ini panduan MPASI pertama untuk anak usia 6 bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Virdita Ratriani

Terbaru