kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan yang bisa mengontrol gula darah, kenyang lebih lama


Rabu, 06 Oktober 2021 / 07:36 WIB
7 Makanan yang bisa mengontrol gula darah, kenyang lebih lama
ILUSTRASI. Apa yang Anda konsumsi dapat membantu Anda mengontrol gula darah, mencegah rasa lapar, dan merasa kenyang lebih lama.


Sumber: Webmd | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Ketika Anda menderita diabetes tipe 2, apa yang Anda makan dapat membantu Anda mengontrol gula darah, mencegah rasa lapar, dan merasa kenyang lebih lama.

“Diabetes adalah ketika kadar gula darah atau glukosa Anda lebih tinggi dari biasanya. Ini adalah makanan karbohidrat seperti roti, sereal, nasi, pasta, buah-buahan, susu, dan makanan penutup yang dapat menyebabkan kenaikan ini," kata Maggie Powers, PhD, presiden terpilih Perawatan & Pendidikan Kesehatan di American Diabetes Association. 

Melansir WebMD, menurut Powers, rencana makan Anda harus fokus pada jumlah dan jenis karbohidrat yang Anda taruh di piring sepanjang hari.

Tetapi penting juga untuk memiliki makanan yang Anda nikmati. Anda ingin makan cukup sehingga Anda merasa puas dan menghindari makan berlebihan dan pilihan yang buruk. 

Berikut adalah tujuh makanan yang menurut Powers dapat membantu menjaga gula darah Anda tetap terkendali dan membuat Anda bahagia dan sehat untuk memulai.

Baca Juga: Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat wedang jahe untuk kesehatan

1. Sayuran Mentah, Dimasak, atau Dipanggang

Sayuran mentah bisa menambah warna, rasa, dan tekstur pada makanan. Pilih sayuran rendah karbohidrat yang lezat, seperti jamur, bawang, terong, tomat, kubis Brussel, dan labu rendah karbohidrat, seperti zucchini.

Cobalah dengan saus seperti saus rendah lemak, hummus, guacamole, dan salsa, atau panggang dengan bumbu yang berbeda seperti rosemary, cabai rawit, atau bawang putih.

2. Hijau-hijauan

Cobalah kangkung, bayam, dan lobak. Menurut Power, semua sayuran hijau itu sehat, lezat, dan rendah karbohidrat.

Panggang daun kangkung dalam oven dengan minyak zaitun untuk mendapatkan keripik yang cepat dan renyah. Anda juga dapat mencampur sayuran hijau dengan sayuran panggang untuk menambah tekstur dan rasa yang berbeda, atau menyajikannya dengan sedikit protein, seperti salmon.

Baca Juga: Infused water ketumbar efektif mengontrol kadar gula darah




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×